Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan naik hingga bulan Juni 2024. Meskipun, ditengah konflik antara Iran dan Israel yang sedang memanas saat ini dan berpotensi pada kenaikan harga minyak dunia.

"Sampai Juni tidak naik (harga BBM), itu sudah statement pemerintah," ujar Airlangga kepada wartawan di kantornya, Selasa, 16 April.

Terkait kondisi tersebut, Airlangga menegaskan pemerintah akan terus memonitor situasi untuk menyesuaikan anggaran subsidi energi jika diperlukan.

"Kita tentu monitor di harga minyak berapa dan kita terus melakukan exercise dan kita menjaga agar resource yang ada bisa dimanfaatkan. Dan tentunya subsidi tepat sasaran menjadi catatan bagi pemerintah," tuturnya.

Airlangga menyampaikan pihaknya akan terus memantau perkembangan kondisi tersebut selama 1-2 bulan ke depan dan berharap harga minyak dunia tetap dapat stabil kedepannya.

"Kita melihat 1-2 bulan situasi seperti apa. Jadi kalau tidak ada eskalasi, kita berharap harga minyak bisa flatten. Tetapi kalau ada eskalasi, tentu berbeda," jelasnya.