Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran Terjadi 15 April
ILUSTRASI/Kendaraan memadati ruas Tol Jagorawi di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (11/4/2024). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz. (ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksikan puncak arus balik mudik Lebaran akan terjadi pada Senin, 15 April.

"Periode arus balik sendiri memiliki jumlah hari yang cukup pendek jika dibandingkan dengan arus mudik. Tahun ini puncak arus balik diprediksi jatuh pada Senin, 15 April 2024," ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam keterangan resminya, Jumat, 12 April.

Guna mengantisipasi kepadatan di ruas tol, JSMR telah menyiapkan sejumlah langkah. Salah satunya dengan memberikan potongan tarif tol sebesar 20 persen. 

Potongan tarif itu mulai diberlakukan pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk tarif Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta. Potongan tarif ini hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama.

Faiza menilai, masyarakat dapat menggeser perjalanan arus baliknya pada saat diberlakukannya potongan tarif tol. Hal ini semata-mata untuk menghindari kepadatan pada momentum tersebut.

"Untuk menghindari penumpukan kendaraan, kami mengimbau masyarakat untuk menghindari juga perjalanan di waktu favorit yaitu pagi dan malam hari," katanya.

Di samping itu, masyarakat juga diimbau agar melakukan perjalanan kembali ke Jabotabek lebih cepat sebelum waktu yang diprediksi menjadi puncak arus balik.

"Atau bagi yang memiliki kelonggaran waktu bisa menggeser waktu perjalanannya sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 20 persen," imbuhnya.

Adapun JSMR mencatat, sebanyak 1.764.561 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada periode 3-11 April 2024. 

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini meningkat sebesar 46 persen jika dibandingkan lalin normal (dari 1.208.565 kendaraan). Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalin ini lebih tinggi sebesar 0,4 persen (dari 1.758.263 kendaraan).

Jasa Marga mengimbau masyarakat untuk memastikan kesiapan perjalanan, di antaranya memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan serta memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik. 

Patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta selalu disiplin dalam ketentuan berkendara di jalan tol. Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain.

Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, akun X @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.