Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, pelantikan Presiden baru terpilih periode 2024-2029 akan dilakukan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Oktober mendatang.

Mengingat, Jakarta nantinya sudah tak lagi berstatus menjadi ibu kota negara seiring menyusul kepindahan ke IKN.

Hal tersebut diungkapkan Basuki saat ditemui wartawan usai menghadiri Raker Persiapan Mudik 2024 bersama Komisi V DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 2 April.

"Kalau pelantikan presiden rencananya, sih, di sana (IKN)," ujar dia.

Basuki menyebut, rencana upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang masih akan tetap dilakukan di IKN.

"Kalau 17 Agustusan di sana, tapi mungkin pidato kenegaraan masih tetap di sini (Jakarta). Upacara 17 Agustusan rencananya masih di sana, pelantikan presiden juga insyaallah di sana. Rencananya begitu," katanya.

Sekadar informasi, Prabowo Subianto resmi memenangkan Pilpres 2024 versi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dia dan Gibran Rakabuming Raka mengantongi 96.214.691 suara. Pasangan calon nomor urut 2 tersebut unggul di 36 provinsi dari 38 provinsi.

Meski begitu, saat ini kemenangan mereka masih mendapatkan perlawanan dari paslon satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta paslon nomor tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Kemenangan Prabowo-Gibran pun masih dalam gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).