Apa Itu Emas Kadar 700 dan Berapa Persen Kemurniannya?
Apa itu emas kadar 700 (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak orang yang menanyakan apa itu emas kadar 700? Setiap perhiasan emas memiliki kode atau kadar tertentu yang menunjukkan kemurniannya. Kode ini terdapat di permukaan emas sebagai penanda keaslian produknya. 

Kode yang tertera dalam emas menjadi standar pengukuran kadar emas yang bagus untuk perhiasan.  Bagi yang baru pertama kali beli emas, mungkin masih bingung dengan istilah-istilah seperti 700, 9k, 24k, dan sebagainya. 

Bagi Anda yang ingin membeli emas perhiasan maka wajib memahami kode dan kadarnya. Lantas apa itu emas kadar 700 dan harganya?

Apa Itu Emas Kadar 700?

Kode angka 700 pada emas merupakan jumlah persentase emas murni di dalam perhiasan. Logam mulia emas memang sering digunakan untuk berbagai jenis perhiasan, seperti cicin, kalung, gelang, dan lainnya. Biasanya perhiasan dibuat dengan campuran bahan lain dan emas. 

Perhiasan emas dengan kode 700 berarti memiliki persentase emas murni sebanyak 70%. Semetara materail yang 30% ialah campuran dari logam mulia lain seperti paladium, perak, dan seng. Kadar emas 700 dapat dinyatakan dalam satuan karat, mulai dari 1 karat hingga 24 karat. Jika persentase emas atau kodenya semakin tinggi maka nilainya pun lebih besar.

Cara menghitung seberapa besar persentase emas murni pada kode 700 dapat dilakukan dengan rumus berikut ini:

n/24 x 100% = persentase emas

Pencantuman kode emas bertujuan untuk memastikan keaslian emas dan menghindari tindakan pemalsuan yang kerap ditemukan. Calon pembeli perhiasan dapat melihat kode tersebut untuk mengetahui tingkat kemurnian emas tanpa harus mengetesnya dengan cara lain yang merepotkan. 

Emas 700 Berapa Karat?

Istilah karat dalam dunia peremasan disebut dengan huruf ‘K’ yang biasanya ditulis di belakang angka tertentu. Emas perhiasan yang memiliki kode 700 berarti setara dengan 17 karat. Ukuran ini bisa diketahui melalui rumus perhitungan persentase emas. 

17//24 x 100% = 70,8%

Persentase di atas 700 menandakan emas tersebut termasuk golongan emas tua. Emas tua adalah jenis emas yang mengandung kemurnian emas minimal 50 persen. Sementara emas muda adalah golongan emas yang memiliki kadar kemurnian di bawah 50 persen. Kadar kemurnian emas tua lebih tinggi dibandingkan emas muda. 

Emas 700 memiliki kadar kemurnian di bawah 70%, yang artinya setara emas di bawah 17 karat. Perhiasan emas kode 700 dapat disamakan dengan 16 karat dan seterusnya. Semakin rendah persentasenya maka nilainya pun lebih kecil. 

Arti Kadar Emas

Setiap perhiasan emas bisa memiliki kadar kemurnian yang berbeda-beda. Jadi ketika membeli emas di toko perhiasan atau di pasaran, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu kode yang menandakan tingkat kadarnya. 

Kadar emas terendah dihitung dalam 1K. Perhiasan emas dengan kadar tersebut mengandung emas murni sekitar 4 persen. Sementara 96 persen lainnya terbentuk dari bahan logam tambahan. 

Sedangkan kadar emas tertinggi ditandai dengan kode 24K. Perhiasan emas dengan kadar ini mengandung 99,99 persen emas murni. Emas berkadar 24K biasanya tidak berbentuk perhiasan, melainkan emas batangan. 

Berikut ini daftar kadar emas beserta persentase kemurniannya yang perlu Anda tahu sebelum membeli perhiasan:

  • Emas 1K: kadar emas 4%
  • Emas 4K: kadar emas 16%
  • Emas 5K: kadar emas 20%
  • Emas 6K: kadar emas 25%
  • Emas 8K: kadar emas 33%
  • Emas 9K: kadar emas 37,5%
  • Emas 10K: kadar emas 41%
  • Emas 12K: kadar emas 50%
  • Emas 13K: kadar emas 54%
  • Emas 14K: kadar emas 58%
  • Emas 17K: kadar emas 70%
  • Emas 18K: kadar emas 75%
  • Emas 21K: kadar emas 87%
  • Emas 22K: kadar emas 91%
  • Emas 23K: kadar emas 95%
  • Emas 24K: kadar emas 99%

Demikianlah ulasan dari apa itu emas kadar 700? Perhiasan emas dengan kode angka tersebut menandakan bahwa tingkat kemurniannya sebanyak 70% dan 30% dari logam lain. Sebagai pembeli emas, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu kode atau kadarnya agar bisa memilih sesuai preferensi dan kebutuhan. Baca juga tren berlian 2024.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.