Cuaca Ekstrem Bikin <i>Aquaplaning</i>, BPJT Ingatkan Masyarakat untuk Cek Kelaikan Ban Kendaraan
Anggota BPJT Unsur Masyarakat Kementerian PUPR Tulus Abadi. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pangelola Jalan Tol (BPJT) mengingatkan calon pemudik Lebaran 2024 untuk mewaspadai terjadinya aquaplaning ketika cuaca ekstream.

Karena itu, perlu dilakukan pengecekan kelaikan ban kendaraan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

Sekadar informasi, aquaplaning atau dikenal juga dengan hydroplaning adalah kondisi di mana saat ban kendaraan kehilangan penapakan atau traksi pada permukaan jalan saat melintasi genangan air hujan di permukaan jalan.

Anggota BPJT Unsur Masyarakat Kementerian PUPR Tulus Abadi mengatakan, aquaplaning ini membuat cengkraman ban ke permukaan jalan berkurang.

“Dan ini terkait dengan cuaca ekstrem, harus diwaspadai karena nanti ada yang namanya di jalan tol, maupun jalan yang lain itu ada fenomena yang namanya Aquaplaning,” katanya dalam agenda Forum Merdeka Barat 9, di Kominfo, Jakarta, Senin, 25 Maret.

“Aquaplaning itu satu kondisi di mana ban itu tidak bisa menggigit lah intinya ketika di gas sehingga kayak terbang. Nah itulah yang harus diwaspadai,” sambungnya.

Lebih lanjut, Tulus mengatakan, aquaplaning ini bisa diantisipasi dengan kelaikan ban kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh.

“Itu bisa diantisipasi dengan tadi kelaikan bannya. Jadi kalau bahannya sudah gundul atau sudah vulkanisir. Nah itu tolong jangan digunakan untuk mudik Karena perjalanan jarak jauh,” jelasnya.

Tak hanya kelaikan kendaraan, Tulus juga mengimbau agar calon pemudik juga harus mempersiapkan diri untuk melakukan perjalanan jauh.

“Saya kira pemudik secara umum agar betul betul menyiapkan diri dan kendaraannya. Jangan lupa manusianya harus siap dan kendaraannya harus siap, ini dia hal yang tidak bisa dipisahkan,” tuturnya.