Kepala Otorita: IKN Bakal Jadi Pemdasus Tahun Ini
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono mengatakan, pihaknya akan melaksanakan fungsi penyelenggaraan pemerintah daerah khusus (pemdasus) mulai tahun ini.

"Tahun ini Nusantara akan melaksanakan fungsi penyelenggaraan pemerintah daerah khusus," ujar Bambang dalam Rakornas Ibu Kota Nusantara di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis, 14 Maret.

Bambang menyebut, pihaknya kerap disamakan dengan Otorita Batam. Padahal, kata dia, hal tersebut jauh berbeda. Meski begitu, dia belum menyebutkan perbedaan yang dimaksud.

"Kami seringkali diproyeksikan sama dengan Otorita Batam. Ya, itu tentu jauh sangat berbeda," kata dia.

Oleh karena itu, Bambang menegaskan, pemdasus itu akan dijalankan oleh pihaknya pada 2024 ini.

Dia pun meminta dukungan dari seluruh pihak.

"Sehingga, pada tahun ini kami akan jadi pemdasus. Untuk itu, kami mohon dukungan dari kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk selalu bekerja sama dengan kami di OIKN," ucap Bambang.

"Melalui sinergi dan kolaborasi yang kuat, kami dapat menggabungkan keahlian sumber daya dan pengalaman dari berbagai sektor untuk menciptakan solusi yang holistik dan keberlanjutan demi kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah khusus Ibu Kota Nusantara," imbuhnya.