Basuki Ungkap Kesiapan Infrastruktur Dasar Jelang HUT ke-79 RI di IKN
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: dok. VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Salah satu yang ditinjau adalah proyek pengerjaan jalan untuk melihat kesiapan penyelenggaraan upacara HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN pada Agustus 2024.

"Ini proses pembangunan jalan tadi kami lihat dari sana ini sudah hampir semua (dikerjakan), tinggal perapian, pemadatan," kata Basuki dikutip dari unggahan Instagram resmi Kementerian PUPR @kemenpupr, Rabu, 6 Maret.

Basuki mengatakan, manajemen konstruksi pengerjaan jalan di IKN benar-benar dihitung secara matang. Bahkan, untuk penebangan pohon saja ada perhitungannya.

"Tadi kami lewat aspal. Terus yang tanah, mulai dari tanah itu pemadatan baru ini aspal. Batu ini dari palu semua. Jadi, manajemen konstruksinya memang dihitung betul. Potong pohon pun dihitung," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Danis Sumadilaga menuturkan, infrastruktur dasar IKN seperti bandungan dan intake juga sudah rampung. Kemudian, jaringan listrik, fiber optik, air hingga pipa gas akan dimasukkan ke dalam multi-utility tunnel.

"Kami berlokasi di Bendungan Sepaku Semoi ini sudah selesai, kemudian intake Sepaku sudah selesai. Itu artinya air baku yang nanti diolah jadi air minum itu sudah siap. Infrastruktur pendukung, air bersih, listrik, fiber optik, gas, sudah kami persiapkan juga yang akan masuk ke dalam multi-utility tunnel," tutur Danis.

"Kemudian, sumbu kebangsaan. Yang penting juga akses jalan tol. Intinya siap, lah, insyaallah 17 Agustus," pungkasnya.