PLN Targetkan Masyarakat Bisa Tukar Baterai Kendaraan Listrik di Minimarket
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - PT PLN (Persero) berencana memperluas ekosistem kendaraan listrik dengan menggandeng minimarket sebagai tempat penukaran baterai motor litrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, selain membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), pihaknya juga kan mempermudah masyarakat yg ingin menukar baterai motornya di beberapa minimarket seperti Alfamart dan Indomaret.

"Jadi nanti bayangan kami adalah di gerai-gerai Indomaret, Alfamart, Superindo kemudian lain-lain itu ada swap baterai yang bisa digunakan oleh semua merek motor," ujar Darmawan, Kamis, 15 Februari.

Untuk melakukan hal terebut, Darmawan mengatakan pihaknya tengah melakukan standarisasi baterai agar bisa dimanfaatkan oleh semua merek kendaraan bermotor.

"Artinya bahwa ini akan mempermudah di masa depan pengguna motor listrik bisa membeli merek apa saja tetapi baterainya bisa di satu dengan yang lain," tambah Darmawan.

Darmawan bilang, selain menjadikan minimarket sebagai tempat penukaran baterai, PLN juga akan menjadikan tiang listrik sebagai tempat pengisian baterai kendaraan listrik. Dengan demikian semakin banyak masyarakat yang dipermudah saat menggunakan kendaraan listrik.

Asal tahu saja, PLN EYE atau SPKLU bertipe pole mounted charger merupakan inovasi menghadirkan EV Charger dengan memanfaatkan tiang listrik PLN. Keberadaan EV Charging ini diharapkan dapat menjangkau semua pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi ulang daya baterai kendaraannya.

Direktur Utama PLN Enjiniring, Chairani Rachmatullah mengatakan sudah ada tiga prototipe SPKLU PLN EYE yang terpasang dan telah beroperasi.

“Sebarannya yakni, dua di Kantor PLN KS Tubun Jakarta Barat, dan satu di Sekolah Dasar (SD) Yasporbi Bidakara, Jakarta Selatan,” jelasnya.

Saat ini, sambung dia, terdapat dua tipe kapasitas SPKLU PLN EYE yakni 7 kilo Watt (kW) dan 22 kW yang didesain PLN Enjiniring untuk Pole Mounted Charger baik yang model menempel di luar (tiang listrik beton) maupun model masuk dalam tiang (tiang besi).

“Selanjutnya akan dilakukan asessment dan perbaikan sehingga ke depan sudah terstandardisasi untuk seluruh SPKLU Pole Mounted Charging,” tuturnya.

Chairani juga mengatakan berkat transformasi digital membuat keberadaan SPKLU PLN makin mudah untuk ditemukan dengan bantuan SuperApp PLN Mobile. Pengguna EV cukup membuka aplikasi PLN Mobile di menu electric vehicle maka otomatis keberadaan SPKLU PLN yang terdekat akan ditemukan.