Airlangga Berharap Pemilu 2024 Berjalan Jujur dan Adil
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar (Golongan Karya) Airlangga Hartarto (Aris Nurjani)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar (Golongan Karya) Airlangga Hartarto berharap pemilihan umum tahun 2024 berjalan aman, damai dan tertib. Serta perhitungan suara diharapkan berjalan lancar.

"Saya sudah nyoblos dan sudah diberi tanda. Tentu harapannya, hari ini Pemilu berjalan aman, damai, tertib, dan perhitungan nanti diharapkan berjalan lancar dan pemilu berlangsung jujur dan adil," katanya usai melakukan pencoblosan di Jakarta Rabu 14 Februari 2024.

Menurut Airlangga, pesta demokrasi saat ini menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terbesar dalam melakukan pemilihan umum lantaran dapat berjalan aman dan damai.

"Ini menunjukkan pada dunia, Indonesia negara besar, dalam perayaan demokrasinya berjalan dengab tertib dan aman. Kalau ada perbedaan itu hal yang biasa dan kita selesaikan dengan mekanisme pemilihan," tuturnya.

Airlangga optimis pemilihan umum akan berjalan satu putaran lantaran dari berbagai survei yang dilakukan menunjukkan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo-Gibran pada satu putaran.

Namun Airlangga juga mengingatkan bahwa hasil kemenangan baru akan akan ditentukan diketahui dari kotak pemilu, sehingga diharapkan masyarakat dapat menunggu hasil resmi pemilu.

"(Satu putaran), Insyaallah kita tunggu hari ini. Dari berbagai survei sebelum pemilu, sekali putaran itu kelihatan. Tetapi, sekali lagi, bahwa suara itu ditentukan di kotak pemilu. Jadi kita tunggu hasil pemilu. Dan juga, karena pemilu ada pilpres, pileg, dpd, jadi diharapkan masyarakat menunggu hasil resmi. Artinya, hasil resmi yang akan menentukan hasil pemilu. Jadi sabar-sabarlah," ucapnya.

Airlangga menambahkan bahwa dalam pantauan perhitungan suara nanti akan dilakukan di dua tempat yaitu di Djakarta Theater dan Istora Senayan.

"Pantau perhitungan nanti ada dua tempat yang disiapkan, di Jakarta Teater, dan di Istora. Saya akan hadir di antara dua tempat itu," pungkasnya.

Sebagai informasi, Airlangga mencoblos di TPS (Tempat Pemungutan Suara) 005 di SMKN 6 Jakarta, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu, 14 Februari 2024.

Berdasarkan pantauan VOI, Airlangga mengenakan pakaian putih kotak-kotak bergaris biru dan bercelana hitam. Dirinya datang bersama istri dan seorang anaknya ke lokasi TPS 05 pada pukul 09.55 WIB.