Salurkan KUR Rp2,35 Miliar untuk Nelayan Indramayu, Airlangga: Ada yang Dapat sampai Rp350 Juta
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah salurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp2,35 miliar kepada 16 nelayan di tempat Pelelangan Ikan Eretan Kulon, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pemerintah telah melakukan penyaluran KUR secara simbolis sebesar Rp2,35 miliar kepada 16 nelayan yang merupakan debitur dari Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, Pegadaian Syariah, dan Bank Jabar Banten agar masyarakat mendapatkan modal kerja di bidang perikanan.

Selain itu, Airlangga menyampaikan dalam penyaluran KUR bahkan ada nelayan yang mendapatkan bantuan mencapai Rp350 juta sehingga diharapkan dapat mendorong aktivitas tempat Pelelangan Ikan Eretan Kulon.

"Beberapa pedagang mendapatkan kredit sampai dengan Rp350 juta. Diharapkan hal ini dapat mendorong aktivitas di Tempat Pelelangan Ikan di daerah sini,” kata Airlangga dalam keterangan resminya, dikutip Kamis, 25 Januari 2024.

Pemerintah telah menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp280 triliun untuk tahun 2024 dengan target debitur baru paling sedikit sebanyak 1,8 juta debitur dan debitur graduasi paling sedikit sebanyak 1,4 juta debitur.

Airlangga menambahkan pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah kebijakan untuk mengantisipasi kondisi perubahan iklim yang berdampak langsung kepada masyarakat yang rentan.

Pemerintah telah memutuskan untuk memperpanjang penyaluran bantuan pangan hingga Juni 2024 yang berperan dalam menjaga daya beli masyarakat rentan yang terdampak kenaikan harga pangan dan turut menjaga level inflasi nasional, menyiapkan program bantuan langsung tunai (BLT), dan mendorong penyaluran KUR terutama untuk sektor perikanan.

Selanjutnya Airlangga juga memberikan bantuan pangan berupa simbolis kepada 100 penerima bantuan pangan yang hadir di Kantor Desa Eretan Kulon.

Lebih lanjut, total alokasi bantuan pangan beras tahun 2024 untuk Provinsi Jawa Barat mencapai 4.445.601 penerima bantuan pangan dan untuk Kabupaten Indramayu sebanyak 260.190 penerima bantuan pangan.

Sementara itu, alokasi bantuan pangan untuk Kecamatan Kandanghaur tercatat sebanyak 10.128 penerima bantuan pangan dan Desa Eretan Kulon 946 penerima bantuan pangan. Masing-masing PBP akan menerima 10 kilogram beras setiap bulan.

“Saya hari ini berterima kasih kepada Pemda Jawa Barat karena telah bekerja sama dengan Perum Bulog dan juga PT Pos Indonesia yang telah menyalurkan bantuan di Kantor Desa Eretan Kulon ini. Dan tentu saya berharap program Bantuan Pangan maupun nantinya program Bantuan Langsung Tunai juga akan didistribusikan oleh PT Pos Indonesia dimana seperti tadi dalam dialog dengan masyarakat, masyarakat sangat membutuhkan bantuan tersebut,” tutur Menko Airlangga.