6 Cara Meningkatkan Produktivitas Usaha: Tim Bekerja Maksimal dan Efisien
Cara meningkatkan produktivitas usaha (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Produktivitas kerja menjadi faktor penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan atau bisnis. Itulah mengapa pengusaha atau owner perlu tahu cara meningkatkan produktivitas usaha yang dijalankan. 

Banyak perusahaan bahkan rela mengeluarkan modal banyak untuk mendongkrak kinerja bisnisnya. Dalam mendorong produktivitas, performa karyawan menjadi kunci yang penting untuk diperhatikan. Pemilik usaha harus menyusun strategi brilian dalam pengelolaan SDM atau tim di perusahaannya. 

Semakin baik produktivitas usahanya, maka kian besar potensi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan tinggi dan bekerja secara efektif. Lantas bagaimana cara meningkatkan produktivitas usaha yang perlu diterapkan dalam bisnis atau perusahaan Anda?

Cara Meningkatkan Produktivitas Usaha

Produktivitas sebuah perusahaan atau bisnis berkaitan erat dengan performa dari karyawan atau SDM di dalamnya. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi kenyamanan dan semangat karyawan dalam bekerja, mulai dari lingkungan kerja yang nyaman, peralatan yang memadai, hingga sistem komunikasi dan apresiasi yang didapatkan. 

Bagi Anda yang ingin membuat bisnis Anda semakin berkembang atau maju, berikut ini tips meningkatkan produktivitas usaha yang bisa Anda terapkan:

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Salah satu faktor yang membuat karyawan produktif bekerja adalah lingkungan yang nyaman. Semakin nyaman karyawan di kantor maka mereka bisa mengerjakan tugas dengan lebih fokus dan maksimal. 

Untuk menghadirkan suasana kerja yang nyaman dan mendukung, pertama-tama perusahaan perlu membangun kultur yang positif dan tidak toxic. Perusahaan juga perlu menyediakan ruangan kerja yang nyaman, seperti tempat bersih, suhu ruang yang sejuk, tempat istirahat, hingga fasilitas untuk makan serta minum. 

Mengatur Jam Kerja yang Efisien

Jam kerja juga menjadi hal yang mempengaruhi kenyamanan karyawan ketika bekerja. Agar tim bisa lebih produktif, maka pastikan Anda mengatur waktu kerja yang efisien. Pemilik bisnis atau pimpinan tim harus menganalisis lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas kerjanya. 

Ada beberapa metrik yang bisa dipakai dalam mengukur seberapa efektif karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dengan menganalisis waktu kerja maka Anda bisa tahu berapa banyak tugas yang bisa diselesaikan dalam satu hari dengan waktu yang efisien. Hindari memberikan waktu kerja yang berlebihan karena akan membebani karyawan. 

Memberikan Waktu Istirahat yang Cukup

Pemilik bisnis juga wajib memberikan jam istirahat bagi karyawannya. Ketika karyawan mendapatkan waktu istirahat yang cukup maka mereka akan lebih nyaman dalam bekerja. Jam istirahat bermanfaat untuk menghindari karyawan kelelahan atau burnout dan memberikan kesempatan untuk mengisi dan memulihkan energi. 

Dengan menyediakan jam istirahat yang cukup maka langkah ini bisa membantu untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Pemberian waktu istirahat tidak hanya secara harian, namun juga perlu disediakan jatah cuti. Dengan memanfaatkan waktu istirahat, karyawan bisa menjaga kondisi kesehatannya dan akan lebih fit untuk kembali bekerja. 

Menyediakan Peralatan yang Memadai

Performa yang baik dari tim atau karyawan juga perlu ditunjang dengan peralatan yang memadai. Tanpa peralatan yang mendukung, maka keterampilan atau skill yang dimiliki karyawan tidak akan tersalurkan dengan maksimal. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu menyediakan peralatan yang bisa mendukung kinerja karyawan. Misalnya dengan menyediakan peralatan operasional yang berkualitas, memberikan perangkat inventaris seperti laptop, dan sebagainya. 

Memberikan Apresiasi atau Reward

Karyawan akan merasa dihargai dan senang ketika mendapatkan apresiasi atas kinerja baiknya. Jadi pemilik bisnis perlu menerapkan sistem reward kepada karyawannya yang bisa mencapai target yang ditentukan atau mendatangkan keuntungan lebih bagi perusahaan. 

Bentuk reward atau apresiasi yang diberikan kepada karyawan bisa berupa insentif, bonus, atau hadiah lainnya.  Pemberian reward ini dapat memotivasi karyawan dan tim lainnya untuk lebih semangat bekerja. Dengan begitu karyawan akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja dan produktivitasnya. 

Memfasilitasi Pelatihan atau Training

Selain pemberian reward, pemilik bisnis juga perlu memfasilitasi pelatihan atau training bagi karyawannya. Kegiatan training yang diadakan di luar kantor bertujuan untuk meningkatkan kualitas karyawan/SDM. 

Karyawan yang mengikuti training akan mendapatkan ilmu atau wawasan baru yang bisa diterapkan pada perusahaan. Ketika skill atau ilmu yang dimiliki meningkat, maka produktivitas kerjanya pun semakin naik. Dengan memfasilitasi kegiatan training, perusahaan juga memberikan peluang bagi karyawan untuk terus berkembang. 

Demikianlah beberapa cara meningkatkan produktivitas usaha yang bisa diaplikasikan dalam perusahaan atau bisnis Anda. Karyawan atau tim yang memiliki kinerja produktif berperan penting untuk bisnis bisa mencapai kesuksesan. Baca juga cara mendapatkan investor bagi bisnis dan UMKM

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.