Bagikan:

JAKARTA – Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengaku gembira karena produktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, di libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 meningkat dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan data dari Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta pada angkutan Natal dan Tahun Baru tahun ini telah melayani lebih kurang 1 juta penumpang, atau naik 18 persen dari tahun lalu.

Untuk destinasi internasional terbanyak yakni melayani ke Singapura, Kuala Lumpur, dan Jeddah. Sedangkan destinasi domestik terbanyak yakni ke kota Denpasar, Medan, dan Surabaya.

Tingkat on time performance Bandara Soekarno-Hatta ada di kisaran 71 persen dan load factor (tingkat okupansi) mencapai 80 persen.

“Ini menandakan bahwa kinerja sektor aviasi semakin baik, probabilitasnya meningkat. Dilihat juga jumlah kargo yang keluar-masuk dari Soekarno-Hatta meningkat,” ucapnya dalam keterangan resmi, Minggu, 24 Desember 2023.

Budi menilai kinerja yang baik dari sektor penerbangan adalah dampak dari membaiknya ekonomi masyarakat, terutama setelah pandemi COVID-19.

“Tadi saya lihat banyak anak-anak berlibur. Itu menunjukkan ekonomi masyarakat menjadi semakin baik,” katanya.

Pada kunjungan ke Bandara Soekarno-Hatta ini, Budi juga melakukan ramp check pada pesawat Garuda Indonesia.

Budi bilang berdasarkan data dari Otban Wilayah I, pesawat yang telah dilakukan ramp check sebanyak 60 persen.

“Saya ke sini ingin melihat berapa pesawat yang sudah di-ramp check untuk memastikan kelaikan pesawat demi keselamatan dan keamanan penerbangan,” tuturnya.

Sekadar informasi, puncak arus mudik Natal telah terjadi pada 22 Desember 2023 dengan jumlah 184.000 penumpang.

Puncak arus mudik Tahun Baru diprediksi tanggal 29 Desember 2023 dengan estimasi 180.000 penumpang. Sedangkan puncak arus balik diprediksi akan jatuh pada 2 Januari 2024.