Cara Membeli Surat Utang Negara secara Online untuk Investasi Jangka Panjang
Cara membeli surat utang negara (foto: Ilustrasi Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Surat utang negara (SUN) menjadi salah satu instrumen investasi yang diminati banyak orang. Para investor tertarik dengan SUN karena menawarkan risiko rendah, tapi dengan imbal hasil yang kompetitif. Lantas bagaimana cara membeli surat utang negara yang bisa dilakukan secara online?

Surat utang negara merupakan instrumen investasi yang diterbitkan oleh pemerintah untuk mendapatkan modal dalam membantu pembangunan. Instrumen investasi ini berfungsi untuk membiayai kebutuhan anggaran pemerintah, seperti menutup defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

SUN dijamin oleh negara sesuai dengan bunga dan pokoknya, sehingga keamanannya lebih terjamin. Bagi Anda yang tertarik dengan investasi SUN, pahami cara membeli surat utang negara dan jenis-jenisnya. 

Apa Itu Surat Utang Negara?

Surat utang negara adalah surat berharga yang diterbitkan oleh pemerintah dan dijual oleh perusahaan negara secara umum kepada masyarakat. Penerbitan SUN bertujuan untuk mendapatkan suntikan modal guna membantu pembangunan negara. 

Berdasarkan Undang-Undang no.24 Tahun 2002, surat utang negara terdiri dari dua jenis yaitu obligasi dan Surat Perbendaharaan Negara (SPN). Instrumen investasi SUN biasanya diperjualbelikan di dua jenis pasar, yaitu pasar primer dan pasar sekunder. 

Pasar primer adalah tempat penawaran dan penjualan surat utang negara pertama kali antara sebuah perusahaan kepada investor maupun masyarakat. Harga SUN yang dijual umumnya bersifat tetap dan jumlahnya terbatas. 

Sementara pasar sekunder adalah tempat perdagangan surat utang negara setelah proses pembelian pertama kali. Kegiatan jual beli SUN dilakukan antar investor, sehingga harganya bervariasi dan bersifat fluktuatif. 

Jenis-Jenis Surat Utang Negara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada dua jenis surat utang negara yaitu obligasi dan SPN. Setiap jenis SUN ini memiliki perbedaan dan skemanya masing-masing. Berikut ini penjelasan dari obligasi dan SPN:

Obligasi Negara

Obligasi adalah surat utang negara yang memiliki jangka waktu lebih dari 12 bulan, baik itu menggunakan kupon (keuntungan bunga) ataupun tanpa kupon. Obligasi yang memakai kupon memiliki jadwal pelunasan kupon secara berkala, yang biasanya tiga bulan sekali atau enam bulan sekali. 

Sementara obligasi negara tanpa kupon tidak mempunyai jadwal pembayaran kupon. Obligasi ini dijual dengan harga diskon dan pembayaran utang pokoknya dilakukan saat jatuh tempo. 

Ada dua jenis obligasi negara seperti Saving Bond Retail (SBR) dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI). SBR memiliki sifat hampir mirip dengan deposito bank. Sementara ORI adalah obligasi negara yang diperdagangkan secara retail. 

Surat Perbendaharaan Negara 

Surat perbendaharaan negara (SPN) adalah surat utang negara yang memiliki jangka waktu hingga maksimal 12 bulan. Sistem pembayaran SPN dilakukan secara diskonto (potongan). Di beberapa negara, SPN lebih dikenal dengan istilah Treasury Bills atau T-Bills. 

Cara Membeli Surat Utang Negara

Pembelian surat utang negara secara umum dilakukan dengan 4 langkah, mulai dari registrasi, pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi pembayaran. Masyarakat atau para investor bisa membeli SUN secara online melalui website. 

Berikut ini langkah-langkah membeli surat utang negara secara online untuk berinvestasi:

Registrasi

Pemerintah memfasilitasi pembelian surat utang negara secara online bagi para investor. Anda bisa membeli SUN melalui laman penyedia surat utang. Pertama, Anda perlu melakukan registrasi dengan menyiapkan sejumlah persyaratan atau dokumen yang diperlukan. 

Untuk membeli SUN, siapkan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Rekening Bank, Nomor Single Investor Identification (SID), dan nomor rekening surat berharga. SID disebut juga Nomor Tunggal Identitas Pemodal dan berupa kode tunggal yang diterbitkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian.

Pemesanan 

Jika sudah melakukan registrasi atau pendaftaran, calon investor dapat melakukan pembelian surat utang negara. Pastikan Anda membaca dan memahami ketentuannya sebelum membeli seri SUN yang ditawarkan.

Pembayaran

Selanjutnya Anda perlu melakukan verifikasi pemesanan dan pembayaran. Apabila pembayaran sudah berhasil, Anda akan mendapatkan kode pembayaran melalui SMS dan email. Kode pembayaran ini sesuai kebijakan dan masing-masing distribusi. Pembayaran dapat dilakukan lewat mobile banking, internet banking, ATM, datang ke teller, dan pos.

Konfirmasi

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan yakni tinggal konfirmasi pembayaran. Anda akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN). Nantinya akan ada pemberitahuan pemesanan selesai (completed order), sesuai tanggal setelmen atau penerbitan.

Demikianlah informasi cara membeli surat utang negara untuk berinvestasi. SUN termasuk instrumen investasi yang aman karena dijamin oleh negara. Baca juga tips mengelola investasi agar strategi investasi Anda tercapai dan tidak gagal. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Terkait