Antisipasi Lonjakan Penumpang, KAI Sediakan 34 Kereta Api Tambahan untuk Libur Nataru 2024
KAI (Foto: dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan 34 KA Tambahan pada periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Kereta ini disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada periode libur Nataru.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, total KAI menambah 311.856 tempat duduk KA Jarak Jauh. KA-KA tambahan tersebut tersedia untuk perjalanan relasi favorit seperti Jakarta-Solo pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Malang pp, Bandung-Solo pp, dan lainnya.

“KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu, 29 November.

Joni mengatakan hadirnya KA-KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Lebih lanjut, Joni bilang tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai hari ini Rabu, 29 November 2023 pukul 00.00 WIB melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

“Loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” ucapnya.

Berikut Daftar KA-KA Tambahan untuk Periode Natal dan Tahun Baru:

-KA keberangkatan tanggal 21 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024

Manahan (Gambir-Solo Balapan pp), Malioboro Ekspres (Purwokerto-Malang pp), Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng pp), Kaligung (Tegal-Semarang Poncol pp), Taksaka Tambahan (Gambir-Yogyakarta pp), dan Gajayana Tambahan (Gambir-Malang pp).

Lalu, Sembrani Tambahan (Gambir-Surabaya Pasarturi pp), Lodaya Tambahan (Bandung-Solo Balapan pp), Brantas Tambahan (Pasar Senen-Blitar pp), Kertajaya Tambahan (Pasarsenen-Surabaya Pasarturi pp), Tambahan Kiaracondong-Surabaya Gubeng, Tambahan Surabaya Gubeng-Kiaracondong, dan Kutojaya Utara Tambahan (Pasarsenen-Kutoarjo pp).

- KA keberangkatan tanggal 24 sampai 26, dan 31 Desember 2023 serta 1 dan 7 Januari 2024 yakni Argo Cheribon (Gambir-Cirebon pp) dan Argo Parahyangan Tambahan (Gambir-Bandung pp).