Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api (Persero) atau KAI mencatat tiket kereta api jarak jauh sudah terjual untuk periode Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) sebanyak 526.677 atau 25 persen dari total tempat duduk yang disediakan yakni 2,2 juta.

Adapun tiket terjual tersebut per Selasa, 28 November. KAI sendiri menetapkan Angkutan Nataru berlangsung pada 21 Desember 2023 sampai dengan 7 Januari 2024.

“Jumlah tiket yang terjual tersebut akan terus bertambah mengingat penjualan tiket masih berlangsung,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, Rabu, 29 November.

Joni mengatakan, pada masa Angkutan Nataru tahun 2024 ini KAI baru membuka layanan 3.888 perjalanan KA Jarak Jauh reguler dengan ketersediaan 2,2 juta tempat duduk.

Serta 1.296 perjalanan pada KA Lokal reguler dengan sekitar 501.000 tempat duduk.

Karena itu, Joni mengatakan, masyarakat sudah dapat membeli tiket kereta api jarak jauh reguler yang telah tersedia di aplikasi Access by KAI, website kai.id, minimarket, serta seluruh channel pembelian tiket KA mulai H-45.

Adapun pembelian tiket di loket stasiun-stasiun hanya tersedia untuk keberangkatan KA mulai 3 jam atau go show.

“Masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” tutur Joni.

Joni menambahkan, kereta api yang menjadi favorit untuk Angkutan Nataru sejauh ini di antaranya KA Bengawan relasi Pasarsenen-Purwosari pp, KA Airlangga relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi pp, dan KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar pp.

“KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Ketapang pp, dan beberapa KA lainnya yang mulai ramai diburu tiketnya,” pungkasnya.