Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas mengapresiasi penyelenggaraan Revolusi Lokal yang digelar di Mal Spark, Jakarta, Jumat, 10 November.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini yang luar biasa. Saya masuk tadi 'waduh ini judulnya Revolusi Lokal'. Jadi kegiatan luar biasa ini," kata Menteri Azwar Anas dalam sambutannya.

Azwar Anas menyebut, Revolusi Lokal' merupakan wadah untuk menggaungkan pemakaian produk lokal oleh masyarakat.

"Mudah-mudahan ini akan merevolusi bagaimana cara pikir kami untuk memenangkan pertarungan global dengan membuat produk-produk lokal yang lebih berkualitas, tentu dengan jejaringan yang hebat," ujar dia.

Dia menambahkan, pemerintah sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk terus menggenjot pemakaian produk lokal, salah satunya dengan membeli produk-produk dalam negeri lewat e-katalog bagi para ASN.

"Ini adalah arahan bapak presiden supaya dampaknya nyata. Ini kalau 6 juta ASN belanjanya 1.500 triliun, terus belanja produknya lewat e-katalog dan produk lokal, saya kira kegiatan teman-teman untuk mendorong terus produk lokal ini bisa semakin kuat. Saya kira semakin relevan," ucap Azwar Anas.

Selain itu, Azwar Anas membocorkan bahwa dalam waktu dekat peraturan presiden (Perpres) mengenai digitalisasi birokrasi dan layanan pemerintahan atau Government Technology (GovTech) akan segera terbit.

"Insyaallah minggu ini satu Perpres GovTech akan keluar. Sehingga, dengan Government Technology ini Indonesia akan punya waktu selangkah lagi. Kalau kami sudah bangun jalan tol untuk memudahkan pergerakan barang dan orang, tapi sebentar lagi kami akan punya jalan tol, pelayanan publik," ungkapnya.

"Sehingga, target kami ke depan seperti investasi, produk-produk lokal, akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri lewat kebijakan digitalisasi atau government technology," tambah dia.

Di sisi lain, Azwar Anas juga mengajak artis-artis Tanah Air untuk mempromosikan produk-produk lokal.

Tujuannya agar semakin banyak orang yang mengetahui bahwa produk buatan Indonesia juga sudah berkualitas.

"Oh iya ada mbak Luna Maya, saya kira ini penting supaya mempromosikan produk-produk lokal. Jadi, artis-artis ini tak hanya mempromosikan produk-produk yang dari luar, saya kira ini komitmennya bagus. Mudah-mudahan, para artis yang lain nanti bisa mempromosikan produk-produk dalam negeri," pungkasnya.

Sekadar informasi, Revolusi Lokal merupakan gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap produk lokal. Gerakan ini berupaya untuk mengembalikan industri lokal agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri sehingga bisa bersaing dengan merek global.