Bank Mandiri Salurkan Sustainability Linked Loan ke DSNG Senilai Rp500 Miliar
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam upaya pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) dan pencapaian target berkelanjutan nasional, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan dalam bentuk Sustainability Linked Loan (SLL) senilai Rp500 miliar kepada PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG).

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Susana Indah Kris Indriati mengatakan, pembiayaan ini bertujuan untuk mendukung belanja modal dan kebutuhan operasional perusahaan sekaligus menjadi katalis pendukung bagi DSNG untuk terus meningkatkan komitmen dalam penerapan prinsip-prinsip budidaya perkebunan kelapa sawit secara berkelanjutan.

“Kami turut bangga dapat bekerjasama dengan DSNG, dalam memberikan pembiayaan berkelanjutan. Kami berharap kerjasama ini dapat menjadi penggerak bagi perusahaan-perusahaan lain di sektor perkebunan untuk turut berpartisipasi dalam upaya mengurangi emisi dan pencapaian target berkelanjutan Indonesia. Kerjasama ini pun selaras dengan visi Bank Mandiri untuk menjadi Indonesia’s Sustainability Champion for a Better Future,” ujar Indah dalam keterangan resminya, Rabu 1 November.

Sekadar informasi, Sustainability Linked Loan merupakan instrumen pembiayaan yang memberikan insentif kepada debitur untuk mencapai tujuan kinerja berkelanjutan yang telah ditetapkan.

Dengan pembiayaan ini, Bank Mandiri dan DSNG sepakat untuk menetapkan target-target keberlanjutan yang harus dicapai oleh DSNG, seperti pengurangan emisi GRK, peningkatan produktivitas, dan penerapan sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Indah menuturkan, Bank Mandiri sebagai Wholesale Banking terbesar di Indonesia dan Market Leader ESG di Indonesia, memiliki aspirasi untuk berperan aktif dalam mendukung tercapainya target keberlanjutan nasional.

Komitmen kuat ini diwujudkan melalui penyaluran Sustainable Portofolio yang telah mencapai sekitar 25 persen dari total kredit bank wide per september 2023.

Posisi per September 2023, khusus untuk green portofolio, Bank Mandiri telah menyalurkan Rp122 triliun atau lebih dari 30 persen dari total Green Portfolio Indonesia, yang menjadikan Bank Mandiri sebagai market leader di sisi penyaluran green portfolio.

Pemberian fasilitas Sustainability Linked Loan ini merupakan bentuk kerja sama strategis antara Bank Mandiri dan DSNG untuk mewujudkan budidaya perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, selaras dengan prinsip dan kriteria perkebunan kelapa sawit berkelanjutan oleh Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) yang mencakup tigaaspek utama yaitu people, planet, dan prosperity.

Dengan menerapkan praktik budidaya perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, DSNG tidak hanya akan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja kebun dan petani sawit sekitar, tetapi juga akan menurunkan emisi GRK dalam operasional budidaya kebun.

Hal ini sejalan dengan misi Bank Mandiri untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat melalui penyaluran pembiayaan berkelanjutan.