Kunjungan Kerja ke Eropa Tengah, OIKN Promosikan IKN ke 3 Negara Ini
OIKN mempromosikan IKN ke tiga negara di Eropa Tengah. (Foto: Dok. Humas OIKN)

Bagikan:

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) yang diwakili Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya, Direktur Transformasi Hijau Agus Gunawan, dan Direktur Pembiayaan Muhammad Naufal Aminuddin melakukan kunjungan kerja ke tiga negara di Eropa Tengah, yakni Hungaria, Slovakia, dan Austria.

Kunjungan ini dilakukan untuk mempromosikan IKN sebagai ibu kota baru Indonesia di masa mendatang dan untuk menarik minat investasi asing.

"Melalui kunjungan ini, Otorita IKN telah mengidentifikasi lebih dari 10 pelaku usaha untuk dapat ditindaklanjuti keinginan partisipasi di IKN," kata Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya dalam keterangan resminya, Selasa, 10 Oktober.

Dalam kesempatan tersebut, Jaka mengatakan, bahwa pihaknya memaparkan gambaran umum mengenai Pelaksanaan Persiapan, Pembangunan, Pemindahan dan Penyelenggaraan Pemerintahan (4P) IKN, serta konsep smart city dan progres pembangunan IKN dihadapan para pelaku usaha Hungaria.

"Para pelaku usaha Hungaria terlihat begitu antusias menyambut peluang investasi di IKN dalam sesi tanya jawab. Lebih dari 43 perusahaan di bidang teknologi perkotaan, energi, limbah, teknologi geospasial, hingga pengelolaan air hadir dalam agenda Seminar Peluang Investasi di IKN tersebut," ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 15 perusahaan di bidang teknologi telekomunikasi (radar dan pertahanan), energi, smart city, dan makanan ikut menghadiri pemaparan peluang investasi di IKN Nusantara.

Delegasi OIKN juga berkesempatan mengunjungi kawasan pengembangan Aspern Seestadt, sebuah proyek pengembangan kota modern masa depan yang mengedepankan teknologi berkelanjutan.

Kunjungan kerja di Wina dilanjutkan ke perusahaan wastewater treatment besar di Austria, yakni Aqua Consult, untuk membahas langkah partisipasi perusahaan dalam membangun fasilitas IPAL dengan teknologi efisiensi energi dalam pengembangan lanjutan di IKN.

Selanjutnya, Delegasi OIKN melakukan pertemuan dengan pelaku usaha bernama EEE Austria, perusahaan yang bergerak di bidang employee training berbasis digital learning yang sudah bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia.