Franchise & Licensing Expo 2023 Siap Digelar, Menteri Sandiaga: Peluang Baru Investor melalui Bisnis Waralaba
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Humas Kemenparekraf)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung pelaksanaan Franchise & Licensing Expo 2023 in Indonesia 2023 sebagai upaya memperkenalkan dan mempromosikan merek-merek waralaba asli Indonesia ke publik yang lebih luas.

Adapun kegiatan ini akan digelar di Jakarta Convention Center, pada 13-15 Oktober 2023, dengan mengusung tema "Gain Your Momentum".

"Saya mendorong agar event ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pelaku ekonomi kreatif dan investor untuk mengambil peluang usaha baru melalui bisnis waralaba (franchise)," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Selasa, 10 Oktober.

Sandiaga menilai, event ini juga menjadi momentum yang tepat untuk menyosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 (PP 24 2022), khususnya terkait Fasilitasi Pengembangan Sistem Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif Berbasis Kekayaan Intelektual.

"Banyak perusahaan besar yang berasal dari franchise dan licensing seperti McDonald's, KFC, dan Disney. Ini kesempatan untuk membangun usaha," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Direktur Pengembangan Kekayaan Intelektual Industri Kreatif Kemenparekraf Robinson Sinaga menyebut, pihaknya turut berpartisipasi dengan menghadirkan enam kekayaan intelektual (Intellectual property/IP) dalam event ini.

"Pameran tersebut merupakan pameran peluang usaha, sehingga kami menghadirkan enam IP lokal," ucapnya.

Sementara itu, Project Manager Franchise & License Expo Indonesia Rulief Harjianto berharap, event ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran pelaku ekraf mengenai bisnis waralaba dan licensing.

"Kami ingin memajukan bisnis waralaba dan memanfaatkan IP lokal untuk memajukan bisnis-bisnis pelaku usaha," imbuhnya.