Tak Melulu Brazil Argentina, Kadin Bidik Ekspansi ke Negara Karibia Cs
Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Shinta Kamdani. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menyatakan saat ini tengah dijajaki secara intens perluasan kerja sama perdagangan dengan mitra strategis di kawasan Karibia dan Amerika Selatan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Kadin Shinta Kamdani saat menggelar konferensi pers di Jakarta.

Menurut Shinta, upaya penjajakan seperti ini dinilai sangat penting untuk membuka pangsa pasar baru selain negara tradisional seperti Brasil dan Argentina.

“Jadi, kita tidak hanya melihat Brasil atau Argentina saja karena mereka negara besar, belum tentu seperti itu. Negara-negara Karibia juga penting. Walaupun dia lebih kecil mungkin saja opportunity-nya bisa lebih besar,” ujarnya ketika ditemui di Jakarta, Senin, 18 September.

Shinta menjelaskan, sinyal positif ini didapat dari adanya kemauan dari pengusaha setempat untuk bisa bekerja sama dengan pelaku usaha Indonesia.

“Maka disinilah kita perlu melakukan mapping untuk bisa menyasar bisnis yang tepat karena kita juga tidak bisa untuk membuka diri kepada semua orang,” tutur dia.

Atas dasar itu, Shinta bersama tim Kadin dan juga pemerintah sedang menyusun peta jalan untuk mendorong sektor-sektor apa yang dianggap strategis untuk meningkatkan perdagangan internasional Indonesia.

“Kita harus punya mitra lokal di sana. Kenapa? Karena mereka juga butuh mitra lokal di sini. Ini yang kemudian Kadin dorong. Inilah yang selama ini menjadi pekerjaan rumah (PR) kita bersama,” tegas dia.