Lewat Pameran Ini, Kementerian PUPR Ingin Dorong Transformasi Teknologi Sektor Konstruksi
Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Kementerian PUPR Dadang Rukmana (kedua dari kanan). Foto: Dok. Humas PUPR

Bagikan:

JAKARTA - Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Ekonomi dan Investasi Dadang Rukmana mewakili Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membuka Pameran Internasional Indonesia Energy dan Engineering (IEE) Series 2023 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, pada Rabu, 13 September.

"Saya berharap, seluruh peserta maupun pengunjung dapat memanfaatkan pameran ini sebaik-baiknya sebagai wadah kolaborasi dan transfer knowledge mengenai perkembangan serta inovasi terbaru terkait sektor konstruksi dan energi," kata Staf Ahli Dadang dalam keterangan tertulisnya, pada Kamis, 14 September.

Dadang menyebut, kegiatan ini menjadi wadah untuk pertukaran informasi antara penawaran dan permintaan, sebagai media kolaborasi antara stakeholder bidang konstruksi, baik dari dalam negeri maupun mancanegara untuk beradaptasi dengan berbagai tantangan, pengembangan transformasi digital dan teknologi, serta mendorong peluang investasi di sektor jasa konstruksi.

"Dalam kaitan ini, energy dan engineering merupakan salah satu prasyarat terbangunnya infrastruktur yang handal dan yang melibatkan peran serta Jasa Konstruksi Nasional," ujarnya.

Menurut Dadang, keputusan pemerintah era Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menempatkan pembangunan infrastruktur sebagai program prioritas nasional dinilai sebagai pilihan yang logis dan strategis.

Ketersediaan infrastruktur yang handal merupakan kunci utama dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, daya saing, dan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam rangka pemerataan pembangunan yang tidak hanya terfokus di Pulau Jawa, tetapi juga di pulau-pulau lainnya.

"Kami harus mampu memastikan kesiapan seluruh komponen rantai pasok industri konstruksi dan energi, termasuk material peralatan dan teknologi terbaru. Oleh karena itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan pameran seperti ini," ucap dia.

Melalui kegiatan ini, lanjut Dadang, diharapkan akan menambah wawasan masyarakat terhadap perkembangan inovasi produk yang berkualitas dan memiliki daya saing dengan teknologi terbaru di bidang konstruksi dan energi.

"Semoga ke depan acara sejenis ini dapat terlaksana secara periodik dan dapat tersosialisasikan dengan baik kepada seluruh masyarakat," pungkasnya.

Adapun Pameran Internasional Indonesia Energy dan Engineering Series 2023 terdiri dari industri oil and gas, mining, power and electric, serta construction and concrete yang diikuti 2.104 ekshibisi.

Seri pameran Indonesia Energy & Engineering 2023 (IEE Series 2023) ini sendiri digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 13-16 September 2023.