Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kepercayaan internasional (international trust) pada Indonesia.

Diketahui, Jokowi menyampaikan pentingnya kepercayaan internasional dalam pidato kenegaraannya pada Sidang Tahunan MPR RI.

"Ucapan Presiden @Jokowi ada benarnya bahwa meletakkan pondasi pada sebuah bangunan adalah hal yang mudah, yang sulit adalah menyempurnakannya menjadi bangunan yang kokoh," kata Luhut dikutip dari akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Jumat, 18 Agustus.

Luhut mengaku sempat mengenang memori pengalaman dan pencapaian penting yang sudah diwujudkan demi mendapatkan kepercayaan dunia internasional. Mulai dari menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai event penting tingkat internasional.

Lalu, Indonesia juga disoroti lantaran mampu menangani krisis dunia selama tiga tahun terakhir. Menurut Luhut, hal itu adalah pembuktian bangsa ini kepada seluruh negara di dunia bahwa Indonesia mempunyai peluang dan kesiapan untuk menjadi negara maju di masa depan.

Oleh karena itu, lanjutnya, dibutuhkan konsistensi, keberanian, dan komitmen yang kuat untuk melanjutkan legacy yang telah dilaksanakan pemerintah saat ini. Untuk itu, Luhut mengajak semua pihak fokus dan bersatu padu untuk terus melaju.

Lebih lanjut, Luhut pun meyakini Indonesia bisa menjadi salah satu dari lima negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Dia pun berharap, bahwa pemerintah dan masyarakat mampu bekerja sama untuk meraih Indonesia Maju di masa mendatang.

"Jangan mudah terkecoh dengan retorika-retorika yang akan mengerdilkan tekad dan semangat kami mewujudkan visi Indonesia Emas di 2045," pungkasnya.