Menhub Cek Lagi Pengujian LRT Jabodebek, Pastikan Kesiapan Semakin Baik
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi kembali mengecek langsung uji coba LRT Jabodebek hari ini.

Menhub Budi mengikuti uji coba LRT Jabodebek mulai dari Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, ke Stasiun Harjamukti, Depok, lalu ke Stasiun Jatimulya, Bekasi Timur.

"Saya bahagia bahwa kini (uji coba) sudah semakin baik dibandingkan pengujian sebelumnya. Saya minta kepada operator, jika ada kelemahan agar segera diperbaiki dan ditingkatkan," ujar Budi melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 29 Juli.

Budi ingin memastikan aspek keselamatan telah terpenuhi sebelum nantinya LRT Jabodebek mulai beroperasi secara komersial. Dia menyebut, pengujian dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama, yaitu dengan pengoperasian semua kereta LRT untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan terpenuhi di semua kereta yang akan dioperasikan.

Lalu tahap kedua, pengoperasian kereta dengan jumlah penumpang maksimal. Uji coba tahap kedua ini sekaligus untuk memastikan pelayanan penumpang serta tingkat kenyamanan penumpang. 

Kemudian, tahap ketiga dilakukan uji coba dengan headway ketat dan rute pulang-pergi (PP).

Menurut Budi, uji coba akan dilakukan hingga lima hari sebelum 18 Agustus, sehingga pihaknya dapat melaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jika pengujian berjalan lancar, operasional LRT Jabodebek secara komersial dapat dilakukan saat kami merayakan ulang tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia," kata dia.

Selain menjajal LRT, Budi juga mengunjungi Gedung Operation Control Center (OCC) LRT Jabodebek dan memberikan pengarahan dan motivasi kepada para petugas, mulai dari train attendant, petugas OCC, sampai kepala Stasiun LRT Jabodebek. Dia juga mempersilahkan para petugas untuk menyampaikan aspirasinya untuk menjadi bahan masukan dan evaluasi.

"Ketika kereta ini sudah berjalan, kami tidak bisa berhenti atau mundur lagi. Kalau ada masalah pasti akan banyak keluhan dari masyarakat. Untuk itu, kami harus pastikan dengan quality control dan tingkat keselamatan yang baik," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo mengapresiasi kehadiran Menhub yang dapat menjadi penyemangat bagi jajaran KAI, khususnya divisi LRT Jabodebek dalam mempersiapkan pengoperasian LRT Jabodebek.