BNI-UI Marathon Diklaim Sukses, Panitia Sebut 5.750 Pelari Ikuti Serta
Foto: Dokumen BNI

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI) menyatakan bahwa penyelenggaraan BNI-UI Half Marathon pada akhir pekan lalu telah sukses dilaksanakan. Hal tersebut tercermin dari jumlah peserta yang mencapai 5.750 pelari.

Direktur Institutional Banking BNI Muhammad Iqbal mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lari yang aman dan nyaman melalui lintasan yang hijau dan steril dari kendaraan bermotor di dalam lingkungan kampus Universitas Indonesia.

"BNI-UI Half Marathon adalah wadah yang tepat untuk menyalurkan minat dan hobi sambil terlibat dalam misi sosial, sekaligus merupakan momen yang baik untuk menjalin silaturahmi di antara keluarga besar Ikatan Alumni UI," ujarnya dalam keterangan pers hari ini, Senin, 17 Mei.

Menurut Iqbal, kegiatan ini sudah diselenggarakan sebanyak emapt kali sejak 2017. Sehingga BNI-UI Half Marathon 2023 ini merupakan event ke-5 dan BNI selalu memberikan dukungan sebagai sponsor utama pada kegiatan UI Half Marathon ini.

“BNI tetap menjadi sponsor karena Half Marathon ini sejalan dengan semangat perseroan dalam mendukung masyarakat agar semakin sadar akan pentingnya gaya hidup sehat dan menjaga kebugaran tubuh,” tuturnya.

Selain itu, Iqbal menyampaikan pula jika perseoran terus berkomitmen dalam mendukung sektor pendidikan nasional. Ini terbukti dengan kehadiran BNI di kampus-kampus Indonesia sejak tahun 1960-an, sehingga perseroan sering disebut sebagai Bank Kampus.

“Iqbal menjelaskan, BNI juga telah bekerja sama dengan UI dan ILUNI UI untuk mewujudkan Campus Financial Ecosystem, antara lain melalui penerbitan Smartcard bagi anggota ILUNI UI, penerbitan Kartu Kredit UI Card, hingga menghubungkan antara alumni UI di Indonesia maupun di luar negeri,” tegasnya.

Iqbal menambahkan, salah satu tujuan BNI dan UI dalam mengadakan kegiatan BNI-UI Half Marathon ini adalah untuk menggalang endowment fund atau dana abadi yang produknya telah dikembangkan oleh BNI bersama UI dengan nama Reksadana BNI AM Makara Investasi, yang telah dikerjasamakan sejak tahun 2016.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum ILUNI UI Didit Ratam menyampaikan antusiasme para pelari sangat tinggi. Hal ini terbukti dari jumlah peserta yang mencapai ribuan dan terus meningkat setiap tahun.

"Antusiasme yang tinggi dibuktikan dengan jumlah pendaftar yang mencapai 5.750 orang, bahkan masih terus bertambah meskipun pendaftaran sudah ditutup. Hal ini disebabkan oleh pengalaman unik berlari di dalam kampus UI Depok yang rindang," katanya.

Didit juga menyatakan, peserta yang ikut serta bukan hanya dari para alumni UI, tetapi juga dari komunitas lari dan masyarakat umum. Tidak heran BNI-UI Half Marathon bahkan pernah terpilih sebagai Lomba Lari terfavorit dalam kategori Lomba Half Marathon oleh komunitas Indo Runners.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang turut hadir dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BNI dan ILUNI UI.

Dito berharap kegiatan ini akan terus berlanjut di masa mendatang sehingga BNI dapat terus menyebarkan semangat berolahraga, khususnya lari, untuk menuju Indonesia Bugar 2045. Harapannya, kegiatan ini dapat turut berkontribusi dalam mewujudkan gaya hidup sehat, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia