Kapan Waktu yang Tepat Membuka Cabang Usaha? Penuhi Dulu 6 Variabel Ini
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Mohamed_hassan)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian pelaku bisnis yang merasa usahanya sudah maju, cenderung tergoda untuk melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru. Langkah ini dilakukan agar jangkauan pasar semakin luas. Lantas, kapan waktu yang tepat membuka cabang usaha baru?

Waktu yang Tepat Membuka Cabang Usaha

Membuka cabang bisnis yang baru tidak bisa serta merta dilakukan tanpa kalkulasi yang ketat dan penuh pertimbangan. Hal ini karena membuka cabang usaha sama dengan mendirikan bisnis dari nol.

Terkait hal ini, terdapat beberapa variabel yang perlu dipenuhi oleh pelaku bisnis sebelum melebarkan sayap dengan membuka cabang baru, di antaranya:

  1. Kesiapan modal usaha

Modal usaha yang disiapkan untuk membuka cabang baru menjadi variabel pertama yang harus dipikirkan.

Pelaku bisnis perlu mengalokasikan budget khusus di luar dana operasional harian untuk mendirikan cabang usaha baru.

Hitunglah dengan cermat jumlah anggaran yang akan dihabiskan untuk rencana pembangunan cabang baru tersebut. Jangan sampai stock keuangan anda menjadi habis dan bahkan mengganggu stabilitas perusahaan utama karena melaksanakan rencana ekspansi tersebut.

  1. Lokasi usaha

Variabel kedua yang harus dipertimbangkan sebelum membuka cabang usaha baru yakni lokasi bisnis.

Lihat kembali apakah lokasi tersebut strategis dan representatif? Apakah letak lokasi cabang baru tersebut memiliki potensi pangsa pasar yang menjanjikan? Apabila lokasi yang anda pilih terlihat potensial, maka rencana pengembangan usaha tersebut bisa dilakukan.

  1. Sumber daya manusia

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan pebisnis yang ingin membuka cabang usaha baru adalah sumber daya manusia, khususnya seseorang yang diproyeksikan sebagai pemimpin kantor cabang.

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, membuka cabang baru tak ubahnya seperti memulai awal usaha, sehingga diperlukan tim managerial yang handal untuk mencabai kestabilan. Apabila Anda sudah menemukan kandidat terbaik, maka bersiap-siaplah untuk membuka cabang usaha baru.

  1. Punya Standart Operational Procedure (SOP)

Standar operasional procedur (SOP) merupakan pedoman yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar.

Keberadaan SOP ini menjadi syarat yang tak boleh dilupakan untuk perusahaan yang ingin melebarkan sayap bisnisnya.

Standart Operational Procedure dapat dijadikan sebagai pijakan bagi perusahaan cabang baru untuk memulai bisnisnya dan maju dengan pesat dengan dasar-dasar yang kokoh.

  1. Memiliki sistem yang mumpuni

Untuk mengontrol kegiatan bisnis di cabang usaha yang baru, para pelaku usaha retail perlu mengadopsi teknologi informasi yang mumpuni. Teknologi disini bisa merupakan alat bantu untuk operasional yang bisa dengan mudah mengontrol bisnis dimana saja.

  1. Metode ekspansi

Untuk membuka cabang baru, ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha, seperti mencari partner bisnis (investor) untuk pembiayaan pembangunan cabang baru tersebut, atau 100 persen dibiayai oleh perusahaan induk, atau juga pebisnis retail bisa mempertimbangkan untuk mewaralabakan bisnis anda sebagai salah satu cara memperluas jaringan usaha.

Semua metode ekspansi tidak lepas pada bagaimana kondisi perusahaan.

Demikian beberapa variabel yang harus dipertimbangkan oleh pelaku bisnis sebelum membua cabang usaha baru. Saat semua variabelnya sudah terpenuhi, maka saat itulah waktu yang tepat membua cabang usaha.

Selain informasi tentang waktu yang tepat membuka cabang usaha, dapatkan berita update pilihan hanya di VOI.ID.