Jadi Dirut Bio Farma, Ini Profil Shadiq Akasya
Shadiq Akasya Dirut Bio Farma yang baru (BNI Life)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sosok Shadiq Akasya mendapat sorotan setelah ia ditunjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Direktur Utama PT Bio Farma (Persero). Posisi tersebut menggantikan Honesti Basyir. Lalu, siapa Shadiq Akasya sebenarnya?

Profil Shadiq Akasya

Dikutip dari beberapa sumber, Shadiq Akasya lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada bulan Maret 1968. Pria yang disapa dengan nama Shadiq itu telah berkecimpung di industri keuangan dan perbankan kurang lebih 30 tahun.

Dalam situs resmi BNI Life dikatakan bahwa Shadiq Akasya menempuh Pendidikan Sarjana Ekonominya di Universitas Pancasila (1992) dengan konsentrasi manajemen. Setelah itu ia melanjutkan kuliahnya dengan mengambil Magister Manajemen Agribisnis pada 2002 di Institut Pertanian Bogor.

Sebelum diangkat menjadi Dirut di PT Telkom Indonesia, Shadiq Akasya sempat meniti karier di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sejak 1992. Ia pernah menduduki beberapa posisi yakni menjadi Chief Executive Officer (CEO) Regional Kantor Wilayah BNI Makassar (2010-2012), Chief Executive Officer (CEO) Regional Kantor Wilayah BNI Senayan (2012-2015), dan terakhir sebagai Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan BNI (2015-2018).

Lalu pada 26 Juni 2018 Shadiq Akasya diangkat dalam RUPS menjadi Direktur Utama PT BNI Life Insurance, salah satu anak usaha BNI yang bergerak di bidang asuransi.

Kini Shadiq Akasya ditunjuk menjadi Dirut PT Telkom dalam perombakan yang dilakukan oleh Menteri BUMN. Perubahan tersebut dilakukan sesuai Surat Keputusan Menteri BUMN Selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bio Farma Nomor: SK-110/MBU/06/2023 tanggal 5 Juni 2023 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bio Farma.

Itulah informasi tentang profil Shadiq Akasya. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi situs VOI.ID.