Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebut, pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sudah mencapai sekitar 29 persen hingga saat ini.

"Progres pembangunan IKN sekarang kira-kira 26-29 persen," ujar dia kepada wartawan usai ditemui dalam acara Focus Group Discussion "Indonesia Maju, Masyarakat Sejahtera" di Jakarta, Senin, 5 Juni.

Dengan progres pembangunan yang terus berjalan, Suharso optimistis bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia (HUT RI) pada 2024 mendatang bisa dirayakan di IKN. "Yang penting adalah kami punya optimisme 17 Agustus 2024, kami akan upacara di sana," ujar dia.

Terkait capaian investasi yang sudah masuk ke IKN hingga saat ini, Menteri Bappenas itu enggan berkomentar lebih lanjut. Sebab, hal tersebut bukan menjadi kewenangan dia sepenuhnya dan bisa bertanya lebih jauh kepada Otorita IKN.

Sehingga, dia hanya melihat master plan apa saja yang sudah dilaksanakan. "Kalau kami lihat hitungannya seperti itu, mudah-mudahan bisa kami capai," ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian PUPR menyebut, progres infrastruktur untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mencapai lebih dari 20 persen, hingga saat ini.

"Sekarang, progres dari seluruh infrastruktur secara agregat sudah 22 persen," kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 26 Mei.

Endra mengatakan, ada sekitar Rp32 triliun paket yang sudah terkontrak dalam pembangunan infrastruktur tersebut.

"Artinya, dari seluruh infrastruktur secara agregat, kan, masih akan terus bertambah, ya, paket-paket yang dikontrakkan," ujarnya.