CV Sandy Jaya Gelar Perbaikan Akses Jalan Menuju Persawahan untuk Optimalisasi Penggunaan Combine Harvester
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - CV Sandy Jaya berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Indramayu akan menggelar kegiatan CSR berupa perbaikan akses jalan menuju persawahan Desa Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Keterangan tersebut disampaikan oleh Direktur Utama CV Sandy Jaya H Carmin saat memberikan sambutan di acara Milad CV Sandy Jaya ke-22, Minggu, 14 Mei.

Menurut Carmin, kegiatan CSR yang akan dilakukan adalah pengiriman bantuan berupa batu untuk pengerasan jalan di area persawahan kecamatan Kandanghaur. Adapun kegiatan tersebut bertujuan agar proses distribusi semakin mudah dan cepat. Selain itu juga untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian sehingga dapat meningkatkan produksi pertanian.

“Selama ini kami sudah menggunakan combine harvester tapi belum merata, salah satu kendalanya adalah kondisi akses jalan ke area persawahan. Karena itu di momentum perayaan Milad yang ke 22 tahun, kami akan memperbaiki kondisi akses jalan tersebut untuk mengoptimalisasi penggunaan combine harvester yakni sebagai alat panen, alat perontok padi dan juga sebagai alat pembajak sawah di area persawahan yang kami kelola” ujar H Carmin dalam keterangan resminya, dikutip Senin 15 Mei.

Penggunaan combine harvester ungkap H Carmin akan mempercepat proses pemanenan dan menghemat biaya upah buruh tani. Selain itu alat ini juga dapat mengurangi penyusutan hasil gabahnya sehingga menguntungkan bagi petani dan dapat dimanfaatkan dalam pemanenan serempak yang akan dapat menghemat tenaga kerja dan upah buruh tani.

Selain akan memperbaiki akses jalan dan penggunaan combine harvester, CV Sandy Jaya di Perayaan Milad ke-22 ini juga memberikan hadiah berupa sepeda kepada 3 orang karyawan yang telah mengabdi selama 22 tahun atau selama 22 Tahun CV Sandy Jaya berdiri.

“Saya ingin bersyukur di saat perayaan milad CV Sandy Jaya yang ke-22 tahun ini, perusahaan semakin berkembang dan semakin berkontribusi bagi perekonomian dan menjaga inflasi Jawa Barat, khususnya bagi Kabupaten Indramayu” jelas Carmin.

Sebagai informasi lanjut Carmin, CV Sandy Jaya berkontribusi untuk supply Cadangan Beras Pemerintah (CBP) melalui Perum Bulog Cabang Indramayu. Selain itu, CV Sandy Jaya juga aktif membantu pasokan padi untuk BUMD DKI PT Food Station Tjipinang Jaya. Dengan demikian CV Sandy Jaya ikut membantu Pemkab Indramayu dan Pemprov DKI Jakarta dalam menjaga stabilitas dan pasokan beras.

“Sudah beberapa tahun ini, kami berkolaborasi dengan Food Station. Dan kami bangga beras dari daerah kami juga sempat dinikmati oleh negara Arab Saudi. Ini karena Food Station sempat beberapa kali melakukan ekspor ke negeri tersebut,” pungkas Carmin.

Terakhir yang menarik, di perayaan milad ke-22 tersebut, digelar prosesi acara Mapag Sri yang merupakan sebuah tradisi kebudayaan Jawa dan Sunda yang dilaksanakan khusus untuk menyambut datangnya Panen Raya. Tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan karunia dan keberkahan terhadap masyarakat untuk memanen hasil bumi yakni Padi.

Adapun acara perayaan milad juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Keuangan Kabupaten Indramayu Suwenda beserta jajarannya, Pimpinan Perum Bulog Cabang Indramayu Dandy Arianto dan Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Pamrihadi Wiraryo.