Bagikan:

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) akan memberikan insentif bagi semua kapal yang melayani mudik Lebaran 2023. Insentif yang dimaksud adalah pembebasan biaya sandar di Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan dua pelabuhan ini digunakan untuk penyebrangan pemudik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera.

Pada periode mudik tahun ini, sambung Arif, pemerintah memang meminta pihaknya untuk membuka kedua pelabuhan tersebut guna melayani pemudik. Khusus pemudik dengan kendaraan roda dua atau sepeda motor.

“Semua biaya kepelabuhan kita bebaskan, mulai dari jasa tunda, pandu, tambat dan biaya bongkar muat,” ujarnya dalam media gathering, Rabu, 12 April.

Lebih lanjut, Arif mengatakan pembebasan biaya ini berlaku untuk kedua pelabuhan. Adapun rute yang dilayani adalah Ciwandan-Panjang maupun sebaliknya Panjang-Ciwandan.

“Jadi ini untuk kedua rute itu memang dibebaskan,” tuturnya.

Sekadar informasi, pada periode lebaran ini, Pelabuhan Ciwandan menyediakan lahan parkir seluas 8.000 meter persegi yang mampu menampung sekitar 800 sepeda motor dan 100 truk.

Arif berharap dengan berpindahnya layanan sepeda motor ke Ciwandan diharapkan bisa mengurangi kemacetan di Pelabuhan Merak.

Ciwandan juga sudah sangat siap untuk melayani para pemudik baik dari kondisi infrastruktur sampai fasilitas di pelabuhan. Untuk fasilitas di pelabuhan semua akan disediakan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).

“Kapal Roro khusus motor akan pindah dari Merak ke Ciwandan. Kita siapkan ada fasilitas ruang tunggu, toilet, kantin, kesehatan yang sudah disiapkan dengan baik. Nah yang sediakan teman-teman dari ASDP,” ujarnya.