KSOP Kelas 1 Panjang: 15 Kapal Layani Penyeberangan Lampung-Pelabuhan Ciwandan
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

LAMPUNG - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang mengatakan, bakal ada 15 kapal yang siap melayani penyeberangan dari Provinsi Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan pada periode mudik Lebaran 2023.

"Besok direncanakan akan ada rapat persiapan mengenai kesiapan Pelabuhan Panjang dalam melayani angkutan Lebaran 2023," ujar Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas I Panjang, A Dwi Saputra dikutip dari Antara, Rabu, 29 Maret.

Ia mengatakan, untuk penyeberangan Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, tersedia dua rute yakni dari Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan, dan Pelabuhan Bakauheni-Pelabuhan Panjang.

"Untuk dua trayek penyeberangan laut tersebut telah disediakan 15 armada kapal laut yang siap mengangkut pemudik pada Lebaran 2023 ini," katanya.

Dia merinci untuk rute Pelabuhan Panjang-Pelabuhan Ciwandan ada tiga kapal yang telah disediakan yakni dua kapal milik PT Antosim Lampung Pelayaran, dan satu kapal milik Pelni yakni kapal motor (KM) Dobonsolo dengan kapasitas 1.040 penumpang dan 150 kendaraan.

"Lalu untuk trayek Pelabuhan Bakauheni-Pelabuhan Ciwandan akan ada 12 kapal milik ASDP yang saat ini telah selesai melakukan ramp check. Jadi total ada 15 kapal yang disiapkan untuk melayani penyeberangan Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan," ucapnya.

Ia melanjutkan untuk KM Dobonsolo tidak akan melayani penyeberangan setiap hari, melainkan akan melaksanakan pelayanan penyeberangan pada tiga hari menjelang Idul FItri, pada Hari Raya Idul Fitri, lalu enam hari serta delapan hari sesudah Idul Fitri.

"Adanya 15 armada yang disiapkan melalui rute Pelabuhan Panjang- Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bakauheni-Pelabuhan Ciwandan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan mempersiapkan angkutan Lebaran 2023," tambahnya.

Menurut dia, dengan difokuskannya Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan alternatif untuk mengangkut pemudik kendaraan roda dua, maka ragam kesiapan lainnya akan terus ditingkatkan hingga hari pelaksanaan mudik.

"Semua diharapkan dapat berjalan lancar, sehingga mudik aman dan berkesan ini bisa melekat di masyarakat," tutur Dwi.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara nasional diperkirakan pada mudik Lebaran 2023 akan terjadi peningkatan pemudik dari 85 juta orang menjadi 123 juta orang, yang akan memanfaatkan alat transportasi darat, laut, dan udara.