Pelabuhan Panjang Lampung Diprioritaskan Angkut Pemudik Motor
Ilustrasi- Situasi Pelabuhan Panjang pada 2022 silam saat digunakan sebagai penyeberangan alternatif pengangkut pemudik. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bagikan:

BANDAR LAMPUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung menyebutkan Pelabuhan Panjang di Bandar Lampung akan fokus digunakan untuk mengangkut pemudik sepeda motor saat periode mudik Lebaran 2023.

"Memang setelah tahun lalu jadi alternatif penyeberangan saat mudik, pemerintah daerah terus mendorong agar Pelabuhan Panjang ini bisa jadi penyeberangan reguler," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo di Bandar Lampung dilansir ANTARA, Sabtu, 18 Maret.

Sat ini rute penyeberangan Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan di Cilegon sudah tersedia secara reguler, dan pada periode mudik Idul Fitri 1444 H akan kembali mengangkut pemudik.

"Nanti untuk rute Pelabuhan Panjang- Pelabuhan Ciwandan akan diprioritaskan untuk mengangkut pemudik sepeda motor dan truk," katanya.

Dia melanjutkan untuk operasional pelabuhan dalam pengangkutan pemudik, berdasarkan jadwal terakhir untuk sepeda motor akan berlangsung empat hari hingga satu hari menjelang Idulfitri.

"Diperkirakan pemudik sepeda motor akan membeludak maka sampai H-1 masih ada penyeberangan. Sedangkan untuk truk itu tujuh hari menjelang Lebaran karena nanti akan ada pembatasan angkutan barang di jam sibuk jadi dialihkan ke Pelabuhan Panjang," ucapnya.

Rute penyeberangan tersebut selain Pelabuhan Panjang - Pelabuhan Ciwandan juga ada rute tambahan yaitu Pelabuhan Bakauheni - Pelabuhan Ciwandan.

"Jadi nanti ada Pelabuhan Panjang -Pelabuhan Ciwandan dan satu lagi Pelabuhan Bakauheni -Pelabuhan Ciwandan ini akan membantu agar penyeberangan lancar," imbuh dia.

Menurutnya untuk mempersiapkan angkutan Lebaran akan adapula penambahan volume penyeberangan dengan adanya operasional bantuan kapal milik ASDP.

"Jadi nanti akan di tambah lagi volumenya selain yang sekarang beroperasi rutin akan di tambah kapal dari ASDP, dan mungkin dari Pelni seperti tahun lalu," kata dia.