PLN Pulihkan 100 Persen Kelistrikan Pascalongsor di Serasan Natuna
PLN berhasil memulihkan 100 persen sistem kelistrikan di daerah terdampak longsor di Pulau Serasan Natuna, Riau. (Foto: Dok. PLN)

Bagikan:

JAKARTA - PT PLN (Persero) berhasil memulihkan 100 persen sistem kelistrikan di daerah terdampak longsor di Pulau Serasan Natuna, Riau, yang terjadi pada 6 Maret lalu.

Tercatat, 16 gardu distribusi PLN dan 2.077 pelanggan yang sebelumnya terdampak longsor telah berhasil dipulihkan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepulauan Riau Agung Murdifi memastikan, sejak 15 Maret 2023, pasokan listrik untuk 2.077 pelanggan di Natuna telah kembali normal.

"Jalur ke lokasi memang sangat sulit dan terputus, sehingga membutuhkan waktu dalam pemulihan kelistrikan. Namun, dengan kolaborasi berbagai pihak, kami berhasil menyalurkan listrik kembali kepada seluruh masyarakat," kata Agung lewat keterangan resminya, Jumat, 17 Maret.

Agung menyebut, pulihnya kelistrikan di Serasan berkat kerja sama PLN dengan pemerintah setempat, TNI dan juga Polri.

Menurutnya, sistem kelistrikan Serasan sangat mencukupi dengan daya mampu sebesar 1200 Kilo Watt (KW) dan beban puncak sebesar 620 KW.

"PLN juga memastikan keandalan pasokan kelistrikan di beberapa titik evakuasi dengan menyiagakan genset mobile dan peralatan penunjang lain di kamp. pengungsian," ujar dia.

Selain memulihkan jaringan listrik, PLN juga telah menyalurkan bantuan berupa 550 paket sembako dan kebutuhan dasar lainnya. Bantuan tersebut disalurkan PLN melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN, Yayasan Baitul Maal (YBM) dan Program Kolaborasi bersama PLN Batam.

Sementara, Bupati Natuna Wan Siswandi menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah bergerak cepat dalam pemulihan, sehingga listrik kembali menyala.

"Dari awal, kami mendorong tim gabungan di lapangan untuk membuka jalan, sehingga tiang listrik dapat dipasang dan pemulihan kelistrikan dapat di segerakan. Alhamdulillah, hari ini listrik sudah kembali menyala, kami harap, dengan listrik menyala aktivitas di posko dapat dimaksimalkan dan masyarakat yang tidak terdampak yang tinggal di pengungsian dapat kembali ke rumah karena listrik sudah menyala," ungkapnya.

Rasa syukur juga disampaikan oleh Camat Serasan Timur, Nazaruddin, lantaran PLN sangat responsif dalam memulihkan aliran listrik kepada masyarakat.

Hal ini, katanya, sangat membantu meringankan beban masyarakat yang menjadi korban longsor.

"Pascalongsor, keperluan listrik di Serasan sangat mendesak. Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN. Demi masyarakat, PLN bekerja keras memulihkan kelistrikan," pungkasnya.