Pastikan Mudik Lebaran 2023 Aman, PLN Bakal Masifkan Pembangunan SPBKLU
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN bakal membangun 1.000 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk mendukung kelancaran mudik 2023 dengan kendaraan listrik.

"PLN akan terus mendukung segala program pemerintah untuk percepatan ekosistem kendaraan listrik. Ke depannya, PLN akan terus mendorong pembangunan SPBKLU di kota-kota lain, sehingga, semua masyarakat bisa menggunakannya,” ucap Darmawan dalam konferensi pers di Jakarta yang dikutip Senin, 13 Maret.

Darmawan menambahkan, jika SPBKLU ini nantinya akan tersedia di jalur mudik seperti rest area.

Sementara untuk jalur non-tol, PLN juga akan memetakan wilayah yang bakal dipasang SPBKLU sehingga mudik dengan kendaraan lsitrik menjadi semakin mudah.

"Kalau di jalan non-tol, kami juga sudah membangun suatu pemetaan jadi ke depannya bisa lewat tol bisa juga tidak lewat tol," lanjutnya.

Darmawan bilang, jika PLN juga sudah melakukan pengecekan sekaligus percobaan pada mudik 2022 lalu dengan menggunakan kendaran listrik.

Ketiga infrastruktur stasiun pengisian tersebut telah tersedia dari Jakarta, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi, hingga ke Bali.

Asal tahu saja, hingga saat ini sebanyak 616 unit SPBKLU  sudah tersedia untuk dimanfaatkan oleh pemilik mobil listrik dan sebanyak 1.056 unit SPBKLU sudah tersedia di seluruh Indonesia untuk dimanfaatkan oleh pemilik motor listrik.

PLN menggandeng berbagai pihak untuk bisa mempercepat pembangunan SPBKLU di seluruh pelosok negeri.

PLN juga mengoperasikan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang bisa digunakan oleh masyarakat yang memiliki usaha kecil serta para pengendara motor listrik dengan tipe mounted charging.

PLN saat ini sudah mengoperasikan 6.705 SPLU di seluruh Indonesia dengan total daya terpasang 35,3 MVA.

"Khusus di Jakarta saja, kami mengoperasikan 2.995 SPLU yang bisa kapan saja digunakan oleh pengendara roda dua. Jadi kami tidak hanya menyiapkan stasiun penukaran baterai saja, tetapi motor listrik milik warga bisa melakukan pengisian daya di SPLU ini," kata Darmawan.