Simak! Begini Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Toko Online Anda
Ilustrasi mencari supplier tangan pertama. (Freepik/Pressfoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Supplier tangan pertama punya peran yang cukup vital dalam mendukung perkembangan toko online Anda. Lewat supplier tangan pertama, Anda bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang murah. Sehingga Anda bisa menarik margin keuntungan yang lebih tinggi, meski produknya memiliki harga jual yang sama dengan kompetitor.

Lantas, apa itu supplier tangan pertama? Dan bagaimana cara mencari supplier tangan pertama? Artikel berikut ini, akan menjelaskan secara detail mengenai berbagai hal terkait supplier tangan pertama dan bagaimana cara mencarinya

Apa Itu Supplier Tangan Pertama?

Supplier tangan pertama adalah pihak yang membuat sebuah produk secara mandiri. Umumnya, supplier tangan pertama mempunyai workshop sendiri untuk proses produksi barang.

Dengan mengambil barang dari supplier tangan pertama, Anda bisa menarik margin yang lebih besar ketimbang reseller atau dropshipper.

Selain itu, nilai penjualan Anda akan menjadi lebih besar sehingga tercapai keuntungan maksimal.

Bagaimana Cara Mencari Supplier Tangan Pertama?

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 6 Maret 2023, berikut cara mencari supplier tangan pertama untuk toko online Anda:

  1. Mencari di Pasar Grosir

Cara mencari supplier tangan pertama yang paling mudah adalah mendatangi pusat grosir di wilayah Anda. Biasanya, tempat ini menjadi salah satu wadah para supplier tangan pertama untuk memasarkan produk mereka.

Meskipun Anda menemukan kemungkinan bahwa ada beberapa penjual yang bukan supplier tangan pertama, akan tetapi biasanya mereka tetap menjual barang dengan harga yang rendah atau bahkan bersaing. Mereka bahkan berani menawarkan berbagai paket pembelian yang menguntungkan kedua belah pihak.

  1. ‘Berselancar’ di mesin pencari

Selain mendatangi pusat grosir, Anda juga bisa menemukan supplier tangan pertama lewat mesin pencari, seperti Google.

Terkait hal ini, Anda bisa melakukan pencarian dengan memasukkan kata kunci yang relevan untuk menemukan situs resmi dari toko yang menjadi supplier pertama.

Lewat situs tersebut, Anda bisa menemukan beragam produk lengkap dengan harga jualnya.

  1. Mencari di marketplace

Cara berikutnya yakni mencari lewat marketplace. Di platform toko online ini, bisa melakukan pencarian spesifik dengan memanfaatkan fitur filter harga untuk menemukan supplier tangan pertama yang sesuai.

Hanya saja, mencari supplier tangan pertama di marketplace ini cukup memakan waktu, apalagi jika Anda belum terbiasa menggunakan aplikasi atau marketplace tersebut. Anda juga harus mengecek satu per satu penjualnya, mulai dari harga, barang yang dijual, apa saja penawarannya, dan lain sebagainya.

Selain menemukan supplier tangan pertama, Anda juga bisa membandingkan harga produk secara satu per satu. Hal ini tentu sangat menguntungkan, sebab Anda bisa menemukan produk dengan harga jual termurah.

  1. Mendatangi pabrik
ilustrasi
ilustrasi (Freepik/Lifestylememory)

Anda juga bisa menemukan supplier tangan pertama dengan cara mendatangi tempat produksinya secara langsung. Dengan mendatangi pabrik atau tempat produksinya, Anda bisa lebih leluasa memilih produk yang ingin dijual kembali di toko online Anda.

  1. Aktif di forum dan komunitas

Untuk mengakses produk dari supplier tangan pertama, Anda juga perlu aktif di forum atau komunitas bisnis.

Di forum ini, Anda bisa saling bertukar informasi untuk mencari berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis Anda, termasuk mendapatkan produk dari supplier tangan pertama. Saat ini banyak forum bisnis online yang bisa Anda ikuti dan Anda tak perlu malu atau takut untuk memulainya.

Demikian informasi tentang cara mencari supplier tangan pertama untuk toko online Anda. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.