Beras Medium Bulog Sudah Tersedia di Alfamart dan Indomaret, tapi Belum Merata
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Beras medium yang dikeluarkan Perum Bulog telah disalurkan ke ritel-ritel modern, termasuk Alfamart dan Indomaret. Namun, belum semua wilayah di Indonesia mendapatkan pasokan beras Bulog. Hal ini karena faktor jarak dan logistik.

Ketua Umum Aprindo, Roy Nicholas Mandey mengatakan, beras operasi pasar Bulog sudah masuk ke ritel modern seperti Superindo, Indogrosir, Ramayana, Hypermart. Terbaru ke Alfamart dan Indomaret.

Roy mengatakan, beras operasi pasar Bulog ini baru tersedia di ritel-ritel modern di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

“Apakah sudah ada? Sudah. Tapi belum merata. Seperti di Hypermart, Indomaret, Alfamart di kota-kota besar lah Jabodetabek, kemudian Jawa Barat,” ujarnya di Jakarta, Kamis, 23 Februari.

Roy mengaku pihaknya sudah memesan atau pre-order (PO) kepada Bulog.

Namun, kata Roy, proses pendistribusian beras Bulog ke retail modern membutuhkan waktu.

Pasalnya, sambung Roy, Bulog memiliki keterbatasan, mulai dari mesin pengemasan maupun tenaga kerja sehingga dibutuhkan waktu lebih.

“Karena kan kita terima per 5kg, tidak ada terima dalam bentuk karung, kita tidak ada kemas-kemas kan. Jadi mereka (Bulog) kan untuk memproduksi dari yang beras impor Thailand karung ke (kemasan) yang 5 kg ada keterbatasan, mesin, tenaga dan butuh waktu,” jelasnya.

“Jadi mereka lagi bekerja terus, maksimal. Jadi ini tidak mudah, tapi mestinya bisa terurai, masih bisa dapat terurai,” sambungnya.

Roy mengatakan juga sudah berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk memproritaskan anggota Aprindo yang stoknya kosong untuk dipasok lebih dulu.

“Kita sudah ada kordinasi dengan Kelapa Bapanas (Badan Pangan Nasional) di mana Aprindo punya anggota yang kosong biar diutamakan untuk dipasok,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Perum Bulog akan memasarkan beras Bulog melalui ritel modern dengan bekerja sama dengan jaringan ritel modern yang ada di Indonesia. Di antaranya Alfamart, hingga Indomaret.

Dirut Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari upaya Bulog memasifkan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau dikenal operasi pasar di seluruh wilayah Indonesia.

“Alfamart, Indomaret, Indogrosir akan hadir. Saya sudah hubungi semua pimpinan ritel karena itu semua peran swasta dukung operasi pasar. Itu luar biasa saya terima kasih pimpinan ritel termasuk Indogrosir,” katanya dalam konferensi pers, di Kantor Pusat Bulog, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Februari.

Lebih lanjut, Buwas sapaan akrab Budi Waseso menuturkan, Bulog pada posisi siap untuk menggelontorkan beras ke ritel-titel modern.

Beras yang akan dikirim, kata Buwas, akan disesuaikan dengan permintaan dari ritel modern.

“Sebanyak kemampuan ritel itu menampung, kalau pada berani 1.000 ton (kemasan 5kg), ya saya kasih 1.000 ton,” ucapnya.