Tol Cisumdawu dan Japek II Selatan Bakal Beroperasi Penuh Lebaran Tahun Ini
Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian. Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan ruas tol Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan segmen Kutanegara-Sadang, beroperasi pada Lebaran tahun ini.

"Kami harapkan Cisumdawu beroperasi penuh pada Lebaran nanti. Cisumdawu akan kami usahakan. Jadi, biasanya begini, tol ini dioperasikan setelah kami nyatakan layak fungsi," kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 8 Februari.

Hedy menyebut, sebelum Tol Cisumdawu beroperasi penuh, pihaknya akan mengecek terlebih dahulu seluruh kesiapan di ruas tol tersebut, mulai dari operasi gate-nya hingga exit toll tersebut.

"Sambil menunggu penetapan tarif, biasanya kami itu melakukan evaluasi dan itu rata-rata dua minggu sampai sebulan. Biasanya selama (rentang waktu) itu digratiskan sampai keluar nanti penetapan tarif dari pak menteri," ujarnya.

Meski begitu, Hedy memastikan bahwa Jalan Tol Cisumdawu akan beroperasi penuh saat Lebaran nanti. "Kami akan usahakan buka operasi (Lebaran tahun ini)," jelasnya.

Selain itu, kata Hedy, pihaknya juga menargetkan Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan segmen Kutanegara-Sadang yang selama ini fungsional akan beroperasi penuh juga pada 2023.

"Diharapkan juga Jalan Tol Japek II Selatan untuk segmen Kutanegara - Sadang bisa dibuka secara operasional (tahun ini)," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) dapat dilalui kendaraan saat mudik Lebaran 2023. Namun, perlu diwaspadai terkait pergerakan tanah dan kepadatan lalu lintas.

"Tol Cisumdawu pada saat mudik Lebaran 2023 secara teknis sudah bisa dilalui kendaraan," kata Hedy di Cirebon Jawa Barat dikutip dari Antara, Kamis, 2 Februari.

Menurutnya, dengan beroperasinya Tol Cisumdawu, maka lalu lintas di Tol Cipularang bisa berkurang, karena selama ini kendaraan dari Bandung ke Cirebon maupun sebaliknya hanya memanfaatkan Tol Cipularang.

Terkait