Butuh Investasi Rp104 Triliun, KEK Kura-kura Bali Bakal Serap 99 Ribu Pekerja
Ilustrasi Rupiah (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

DENPASAR - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-kura Bali diharapkan mampu mendatangkan investasi hingga Rp104 triliun.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, KEK Kura-kura Bali diputuskan menjadi kawasan ekonomi khusus. Saat ini, pembangunannya lagi dalam proses.

"Oleh karena itu harapannya total investasi yang bisa dicapai sekitar Rp104 triliun dalam 30 tahun ke depan," kata Airlangga mengutip antara, Sabtu, 4 Februari.

Airlangga memperkirakan bahwa kawasan tersebut hingga 2052 akan mampu menyerap 99 ribu tenaga kerja. Artinya, untuk jangka pendek 5 tahun pertama diprediksi mampu mendatangkan investasi Rp12 triliun dan membuka 5 ribu lapangan kerja.

Di lahan seluas lebih dari 500 hektare itu, Airlangga yang datang selaku Ketua Dewan Nasional KEK pada sidang Dewan Nasional KEK pada 12 Januari 2023 lalu juga berharap pembangunan ini melengkapi KEK Sanur, karena keduanya hadir sebagai penunjang pariwisata.

"Tentu saya berharap dengan dua kawasan ini ekonomi Bali lebih berkelanjutan dan Pemprov Bali membuat rancangan pembangunan, agar pengalaman selama pandemi kemarin itu tidak terulang, jadi ada alternatif daripada kegiatan ekonomi," ujarnya.

Menko Perekonomian menilai KEK Kura-kura Bali yang terdapat di kawasan Serangan, Denpasar Selatan, ini merupakan peluang baik untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi Pulai Dewata yang sempat tumbuh negatif dampak pandemi COVID-19.

Airlangga Hartarto menargetkan nantinya kawasan ini dapat menjadi wisata yang dicari wisatawan multi negara, dengan efek ganda mencapai 1,8 kali lipat. Ia mengambil contoh Kabupaten Batang, Jawa Tengah, yang memiliki kawasan industri dengan penyerapan investasi Rp17 triliun dalam 3 tahun.

Presiden Direktur PT Bali Turtle Island Development (BTID) Tuti Hadiputranto menambahkan nantinya di KEK Kura-kura Bali akan dibangun sekolah internasional, hotel, kawasan kebugaran, hingga marina sebagai lokasi kapal bersandar.

Ia berharap, pemerintah terus mendukung pembangunan kawasan tersebut, sehingga sejalan dengan peta jalan Ekonomi Kerthi Bali

“Kami terus mengundang para investor untuk melakukan penanaman modal di kawasan Kura-kura Bali, khususnya investasi yang berkelanjutan, baik pada sektor pendidikan, kesehatan dan kebugaran, dan tentu saja pada sektor pariwisata termasuk marina dan resort," tutupnya.