Apa Itu Return Dalam Dunia Investasi?
Apa itu Return (Gambar Ben White - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apa itu Return atau Pengembalian? Pengembalian biasa dikenal sebagai pengembalian finansial, dalam istilah paling sederhana, adalah uang yang dihasilkan atau hilang dari investasi selama beberapa periode waktu.

Pengembalian dapat dinyatakan secara nominal sebagai perubahan nilai rupiah dari suatu investasi dari waktu ke waktu.

Pengembalian juga dapat dinyatakan sebagai persentase yang berasal dari rasio laba terhadap investasi.

Pengembalian juga dapat disajikan sebagai hasil bersih (setelah biaya, pajak, dan inflasi) atau pengembalian kotor yang tidak memperhitungkan apa pun kecuali perubahan harga. Bahkan termasuk investasi 401.

Apa Itu Return?

Apa itu return dalam dunia Investasi? (Gambar Mathieu Stern - Unsplash)
Apa itu return dalam dunia Investasi? (Gambar Mathieu Stern - Unsplash)

Investor yang berhati-hati tahu bahwa definisi pengembalian yang tepat bersifat situasional dan bergantung pada input data keuangan untuk mengukurnya.

Istilah omnibus seperti laba bisa berarti kotor, operasi, bersih, sebelum pajak, atau setelah pajak. Istilah omnibus seperti investasi dapat berarti aset terpilih, rata-rata, atau total.

Holding period return adalah pengembalian investasi selama dimiliki oleh investor tertentu.

Holding period return dapat dinyatakan secara nominal atau sebagai persentase. Jika dinyatakan dalam persentase, istilah yang sering digunakan adalah rate of return (RoR).

Misalnya, pengembalian yang diperoleh selama interval periodik satu bulan adalah pengembalian bulanan dan satu tahun adalah pengembalian tahunan.

Seringkali, orang tertarik dengan pengembalian investasi tahunan, atau pengembalian tahun ke tahun (yoy), yang menghitung perubahan harga dari hari ini ke tanggal yang sama satu tahun yang lalu.

Pengembalian selama interval periodik dengan panjang yang berbeda hanya dapat dibandingkan ketika telah dikonversi ke interval panjang yang sama. Merupakan kebiasaan untuk membandingkan pengembalian yang diperoleh selama interval sepanjang tahun. Proses mengubah interval pengembalian yang lebih pendek atau lebih lama menjadi pengembalian tahunan disebut tahunan.

Pengembalian Nominal

Pengembalian nominal adalah keuntungan atau kerugian bersih dari investasi yang dinyatakan dalam jumlah dolar (atau mata uang lain yang berlaku) sebelum penyesuaian pajak, biaya, dividen, inflasi, atau pengaruh lain apa pun terhadap jumlah tersebut. Ini dapat dihitung dengan memperhitungkan perubahan nilai investasi selama periode waktu yang ditentukan ditambah distribusi dikurangi pengeluaran apa pun.

Distribusi yang diterima oleh investor bergantung pada jenis investasi atau usaha tetapi dapat mencakup dividen, bunga, sewa, hak, keuntungan, atau arus kas lain yang diterima oleh investor. Pengeluaran yang dibayarkan oleh seorang investor bergantung pada jenis investasi atau usaha tetapi dapat mencakup pajak, biaya, ongkos, atau pengeluaran yang dibayarkan oleh seorang investor untuk memperoleh, mempertahankan, dan menjual investasi.

Misalnya, asumsikan seorang investor membeli saham publik senilai $1.000 USD, tidak menerima distribusi, tidak membayar pengeluaran, dan menjual saham tersebut dua tahun kemudian seharga $1.200. Pengembalian nominal dalam dolar adalah $1.200 - $1.000 = $200 USD.

Rasio Pengembalian

Rasio pengembalian adalah bagian dari rasio keuangan yang mengukur seberapa efektif investasi dikelola.

Mereka membantu mengevaluasi apakah pengembalian tertinggi yang mungkin dihasilkan dari investasi.

Secara umum, rasio pengembalian membandingkan alat yang tersedia untuk menghasilkan laba, seperti investasi dalam aset atau ekuitas terhadap laba bersih.

Rasio pengembalian membuat perbandingan ini dengan membagi aset atau ekuitas yang dipilih atau total menjadi laba bersih.

Hasilnya adalah persentase pengembalian per dolar yang diinvestasikan yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kekuatan investasi dengan membandingkannya dengan tolok ukur seperti rasio pengembalian investasi, perusahaan, industri, atau pasar yang serupa. Misalnya, pengembalian modal (ROC) berarti pemulihan investasi awal.

Jadi setelah mengetahui apa itu return, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!