Bagikan:

YOGYAKARTA - Segmentasi pasar adalah dasar dari setiap strategi pemasaran jangka panjang yang sukses. Yuk kita belajar beberapa jenis segmen pasar?

Untuk mendapatkan nilai maksimum dari anggaran pemasaran Anda, pahami motivasi belanja pelanggan Anda dengan membagi pasar Anda menjadi beberapa subkelompok – maka Anda akan berada dalam posisi yang lebih kuat untuk melayani kebutuhan unik pelanggan Anda.

Menurut penelitian dari SALESmanago, 77% ROI pemasaran berasal dari kampanye yang tersegmentasi, tertarget, dan terpicu. Jadi, jika kampanye pemasaran Anda gagal, lakukan lebih banyak riset pasar untuk memahami apa yang membuat pelanggan Anda tergerak di setiap segmen.

Salah satu alasan teknik segmentasi pasar mendorong lebih banyak pendapatan untuk bisnis Anda adalah karena teknik tersebut dapat membantu Anda memberikan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi. 

Jenis Segmen Pasar

Ilustrasi Pasar (Gambar Renate Vanaga - Unsplash)
Ilustrasi Pasar (Gambar Renate Vanaga - Unsplash)

Demografis

Segmentasi pasar demografis difokuskan sepenuhnya pada siapa pelanggannya. Namun, ciri-ciri yang ditempatkan ke dalam segmen pasar demografis bergantung pada apakah Anda menjalankan bisnis B2B atau B2C. Jika Anda menjalankan perusahaan B2B, ciri-ciri yang kemungkinan besar akan Anda sertakan dalam segmen ini mencakup jenis industri, ukuran perusahaan, waktu dalam posisi, dan peran dalam perusahaan. Di sisi lain, perusahaan B2C akan menyertakan ciri demografis seperti usia, pendidikan, jenis kelamin, pekerjaan, status keluarga, dan pendapatan.

Ini adalah jenis segmentasi yang sangat umum yang digunakan dalam riset pasar untuk menentukan audiens target utama perusahaan. Informasi ini juga mudah didapat. Yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan informasi ini adalah menarik data sensus. Dealer mobil dapat menggunakan informasi ini untuk memasarkan merek mereka ke jenis kelamin, kelompok usia, dan tingkat pendapatan yang berbeda. Ini juga terbukti menjadi jenis segmentasi pasar yang berguna karena memungkinkan Anda untuk langsung menanggapi keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda.

Jika produk utama Anda adalah barang kelas atas, Anda mungkin ingin mengelompokkan audiens Anda berdasarkan pendapatan rumah tangga yang tinggi. Saat Anda menggunakan ciri-ciri ini untuk mengkategorikan audiens Anda untuk tujuan pemasaran, Anda harus dapat meningkatkan retensi dan loyalitas pelanggan. Anda juga tidak akan menyia-nyiakan sumber daya untuk menargetkan audiens yang tidak akan pernah tertarik dengan barang atau layanan yang Anda berikan. Anda dapat menggunakan beberapa ciri atau segmen dalam segmentasi demografis untuk menjangkau pelanggan yang tepat dengan pemasaran Anda.

Keyakinan saat menggunakan jenis segmentasi pasar ini adalah bahwa semua pelanggan dalam sifat demografis akan memiliki perilaku pembelian yang serupa. Misalnya, pelanggan dalam kelompok usia 40-49 mungkin jauh lebih mungkin untuk membeli produk Anda jika dibandingkan dengan pelanggan dalam kelompok usia 20-24, yang berguna untuk diketahui saat Anda ingin membuat kampanye pemasaran yang efektif dan efisien. .

Geografis

Segmentasi pasar geografis memungkinkan Anda membagi seluruh audiens secara efektif berdasarkan lokasi mereka, yang berguna saat lokasi pelanggan berperan dalam keseluruhan keputusan pembelian mereka. Ciri dan segmen inti yang dapat digunakan dengan segmentasi geografis meliputi wilayah, benua, negara, kota, dan distrik.

Ini adalah jenis segmentasi yang sangat populer karena sebagian besar pelanggan dipengaruhi setidaknya sebagian berdasarkan tempat tinggal mereka. Jika sejumlah besar audiens Anda tinggal di Inggris Raya, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk membuat situs web co.uk. Bentuk segmentasi ini dianggap ideal untuk perusahaan internasional.

Pelanggan yang tinggal di negara yang berbeda akan memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda, yang dapat tepat sasaran dalam kampanye pemasaran. Ini dianggap oleh banyak perusahaan sebagai bentuk segmentasi pasar yang paling sederhana. Ini juga sangat bermanfaat untuk usaha kecil dengan anggaran terbatas. Jika segmen geografis utama Anda merespons iklan online lebih baik daripada iklan TV dan cetak, informasi ini akan membantu Anda menggunakan sumber daya dengan bijak.

Psikografis

Segmentasi pasar psikografis bertujuan untuk memisahkan audiens berdasarkan kepribadian mereka. Ciri-ciri yang berbeda dalam segmentasi ini meliputi gaya hidup, sikap, minat, dan nilai. Namun, penelitian ekstensif akan diperlukan dengan bentuk segmentasi ini karena mengidentifikasi demografi berdasarkan kepribadian relatif subyektif. Jika Anda menemukan bahwa audiens utama Anda menghargai kualitas dan efisiensi energi di atas segalanya, platform pemasaran Anda dapat diubah untuk memperhitungkan nilai inti ini.

Sebaiknya Anda mencakup setidaknya beberapa ciri psikografis saat membentuk pendekatan pemasaran untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan perspektif yang mungkin dimiliki audiens Anda. Meskipun segmentasi pasar ini sulit digunakan, banyak perusahaan percaya bahwa ini dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi. Ketika pemasaran Anda ditargetkan pada kepribadian seseorang, kemungkinan besar individu yang melihat pemasaran ini akan semakin setia pada merek Anda.

Perilaku

Segmentasi pasar perilaku membagi seluruh audiens Anda berdasarkan perilaku sebelumnya yang telah mereka tunjukkan dengan merek Anda. Beberapa ciri utama dalam jenis segmentasi ini meliputi pengetahuan produk, pola pembelian, pembelian sebelumnya, kesadaran akan bisnis Anda, dan peringkat produk.

Untuk memahami dengan baik bagaimana segmentasi pasar ini digunakan, contoh bisnis yang mungkin menggunakan jenis segmentasi ini adalah restoran. Jika sebuah restoran memiliki menu yang berbeda untuk makan siang dan makan malam, mereka dapat membandingkan pola pembelian antara penonton makan malam dan penonton makan siang. Ada kemungkinan item pada menu makan siang akan jauh lebih populer jika tersedia pada menu makan malam. Restoran dapat menggunakan data ini untuk menyempurnakan menu mereka dan merilis menu baru yang akan lebih efektif untuk setiap segmen audiens.

Jadi setelah mengetahui jenis segmen pasar, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!