Menhub Budi Tawarkan Saham Bandara Kertajati ke India dan Arab Saudi
Bandara Kertajati. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa dirinya tengah menawarkan saham Bandara Internasional Kertajati kepada India dan Arab Saudi. Tawaran ini, kata Budi, mendapatkan sambutan yang baik dari kedua negara tersebut.

“Kami menawarkan bersama-sama dengan Pemerintah Jawa Barat, menawarkan kita untuk dilusi. Artinya dari India dan Saudi berniat membeli saham Kertajati,” katanya dalam jumpa pers akhir tahun, dikutip Rabu, 28 Desember.

Bahkan, Budi juga mengaku meminta secara khusus kepada Arab Saudi untuk mendedikasikan penerbangan langsung dari Arab Saudi ke Bandara Internasional Kertajati.

Kata Budi, langkah tersebut untuk mendorong peningkatan konektivitas di bandara yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat ini.

“Kami minta penerbangan silakan jumlah yang besar. Pada Saudi kita minta penerbangan langsung dari Saudi ke (Bandara) Kertajati. Sehingga ada interest untuk konektivitas bertambah,” ucapnya.

Pada kesempataan ini, Budi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah menyetujui agar Bandara Internasional Kertajati tidak hanya melayani penumpang, namun juga bisa melayani penerbangan kargo.

“Presiden (Jokowi) setuju di Kertajati bukan hanya lapangan terbang saja tapi MRO, kargo dan lainnya. Karena dekat dengan Pelabuhan Patimban,” tuturnya.