Gaji Dokter Spesialis: Ada yang Sampai Miliaran!
Gaji Dokter Spesialis (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Menjadi dokter ahli atau spesialis dianggap sebagai salah satu pekerjaan bergengsi yang digandrungi banyak orang. Kalau ditanya berapa gaji dokter spesialis? Yuk kita cari tahu di sini...

Pada umumnya, gaji dokter ahli tergolong besar kalau dibanding penghasilan dokter umum atau pekerjaan lain.

Namun demikian, besarnya gaji itu juga sepadan dengan tugas yang diemban lantaran berhubungan langsung dengan nyawa manusia.

Berhubungan penghasilan dokter, termasuk dokter ahli, nominalnya bahkan beravariasi.

Sebagian pekerjaan dokter ahli dikira-kira mempunyai penghasilan tinggi seperti psikiater, dokter kandungan, ahli bedah, dan lain sebagainya.

Sebagai perbandingan, dokter umum di suatu rumah sakit dapat mencapai angka Rp12 juta hingga dengan Rp15 juta.

Sementara itu, gaji dokter ahli berkisar di angka Rp20 juga sampai Rp45 juta dan belum termasuk penghasilan jasa pekerjaan alias uang tambahan.

Berdasarkan dari beberapa sumber, berikut bocoran gaji dokter ahli atau spesialis yang perlu Anda tahu.

Gaji Dokter Spesialis

Ilustrasi Dokter Spesialis (Unsplash)
Ilustrasi Dokter Spesialis (Unsplash)

 

Dokter Spesialis Jantung

Dari banyaknya dokter ahli, profesi dokter jantung adalah salah satu yang paling dicari di dunia.

Hal ini karena lantaran penyakit jantung adalah penyakit mematikan yang banyak diderita oleh manusia, termasuk di Indonesia.

Adapun gaji yang didapatkan dokter spesialis jantung ada di angka Rp5 miliar hingga Rp6 miliar.

Dokter Bedah

Dokter bedah berperan penting dalam mengatasi penyakit organ dalam, semisal cedera, bedah organ dalam tubuh, operasi, dan persoalan darurat lainnya.

Pentingnya pekerjaan ini membikin beberapa orang rela mengeluarkan tarif mahal agar selalu sehat.

Sementara itu, gaji yang didapatkan oleh dokter bedah dapat mencapai Rp20 juta hingga dengan Rp45 juta.

Dokter Spesialis Kandungan

Dokter dan spesialis kandungan mempunyai tugas dan tanggung jawab besar untuk menjaga dan menentukan ibu hamil serta buah hati yang dikandung selamat dan sehat.

Tidak cuma itu, dokter kandungan harus siap dan sigap untuk menangani bermacam-macam persoalan berkaitan kandungan serta seputar persalinan.

Dengan tugas yang diemban itu, tidak heran kalau gaji yang diterima sampai Rp25 juta hingga dengan Rp100 juta.

Dokter Spesialis Anak

Dokter ahli anak berprofesi pada bidang khusus, yakni memberikan perawaran terhadap si kecil, bayi, dan remaja.

Perawatan yang dikerjakan seorang dokter anak mencakup diagnosis, penyakit menular, penyakit umum, luka ringan, dan beragam penanganan lain.

Untuk tugas itu, gaji yang diperoleh berada di angka Rp10 juta hingga dengan Rp50 juta per bulan.

Berapa gaji PNS dokter spesialis?

Gaji dan tunjangan dokter PNS apakah setara dengan tarif selama ia mengenyam Kuliah jurusan kedokteran yakni salah satu jurusan kuliah dengan tarif paling mahal ketimbang jurusan lain, malah dapat mencapai ratusan juta.

Umumnya, rincian gaji atau penghasilan bagi dokter yang telah menjadi PNS pada dokter umum yakni gaji pokok yang didapatkan sekitar Rp2,4 juta dengan tunjangan istri sebesar Rp245.670, tunjangan anak Rp49.134, tunjangan beras Rp209.280, kemudian uang makan untuk 22 hari kerja sebesar sebesar Rp732.600, tunjangan kinerja Rp2.535.000, sehingga keseluruhan yang akan diterima dokter PNS berkisar Rp6.228.384 tiap bulannya.

Dari keseluruhan itu, gaji dokter PNS akan dikurang dengan tarif IWP dan iuran Taperum sebesar Rp281.150 per bulan, karenanya keseluruhan gaji yang dibawa pulang oleh dokter PNS yakni sekitar Rp5.947.234.

Keseluruhan gaji yang diterima dokter umum berstatus PNS ialah Rp5.947.234 per bulan, dengan tunjangan istri yakni 10% dari gaji pokok. Kian lama Anda menjabat, kian tinggi gaji pokok Anda. Tunjangan anak yakni 20% dengan jumlah maksimum tanggungan anak yakni 2 anak.

Tetapi hitungan itu berbeda untuk jabatan dokter ahli atau spesialis berstatus PNS. Dokter spesialis memiliki golongan III/b sampai IV/e dengan gaji mulai Rp20 juta sampai yang paling tinggi berkisar Rp50-an juta. Adapun rata-rata gaji dokter PNS dengan pendidikan spesialis mendapatkan gaji kisaran Rp20an – 30an juta per bulannya.

Jadi setelah mengetahui gaji dokter spesialis, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!