IHSG Selasa Berpeluang Balik Menguat, Ini Beberapa Saham yang Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan berbalik menguat ke level 7.030-7.050 pada perdagangan hari ini, Selasa 6 Desember.

Tim Riset Phintraco Sekuritas memperkirakan resistance IHSG berada pada level 7.100, dengan support di level 7.000 pada perdagangan hari ini. Sejumlah sentimen positif eksternal berpotensi memicu rebound IHSG selama perdagangan hari ini.

Phintraco Sekuritas melihat IHSG berpeluang rebound ke kisaran pivot 7.030-7.050, terutama jika kembali ke level psikologis 7.000.

Salah satu sentimen eksternal yang dimaksud adalah penurunan China Caixin Composite PMI ke 47 di November 2022 dari 48,3 di Oktober 2022. Penurunan ini dinilai berpotensi memicu akselerasi pelonggaran restriksi COVID-19 di sejumlah wilayah di Tiongkok.

"Hal ini memicu rebound lanjutan pada harga komoditas, termasuk minyak, gas dan batu bara," tulis riset Phintraco Sekuritas.

Kenaikan harga komoditas energi juga didorong oleh keputusan OPEC+ untuk mempertahankan pemangkasan volume produksi sebesar 2 juta barel per hari mulai November 2022 hingga 2023.

Mempertimbangkan sentimen di atas, Phintraco Sekuritas merekomendasikan pelaku pasar dapat mencermati peluang buy on support pada ADRO, PTBA, ITMG dan PGAS. Peluang buy on support juga dapat dicermati di luar saham energi, seperti BBCA, BBRI, CPIN dan KLBF.