Jadi Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Versi LPS, BRI: Upaya untuk Capai <i>Champion of Financial Inclusion</i> 2025
Ilustrasi (Foto: Dok. BRI)

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI meraih penghargaan sebagai “Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat” pada ajang LPS Banking Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa sebagai bank dengan jaringan terluas di Indonesia, BRI senantiasa untuk mendukung pemerintah mencapai target 90 persen inklusi keuangan pada 2024.

Menurut dia, perseroan terus mengoptimalisasi peran penyuluh digital untuk mendampingi masyarakat mengakses berbagai layanan keuangan.

“Capaian ini merupakan bukti kerja keras kami yang telah berdedikasi tinggi mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat Indonesia. Edukasi literasi keuangan ini menjadi bagian dari upaya mencapai visi sebagai Champion of Financial Inclusion pada 2025,” ujarnya dalam pernyataan pers, Minggu, 4 Desember.

Andrijanto menambahkan, keberhasilan ini berkat sejumlah strategi yang dijalankan perseroan. Pertama, mengajak dan mengedukasi masyarakat yang belum melek layanan perbankan digital. Kedua, mengajari masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital.

Adapun, yang ketiga yakni mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat mengenai cara mengamankan data pribadi dan data perbankan agar terhindar dari tindak kejahatan digital.

“BRI terus berinovasi untuk menghadirkan layanan yang mudah diakses oleh masyarakat, salah satunya lewat digitalisasi dan layanan aplikasi resmi. Tidak lupa optimalisasi Agen BRILink yang memungkinkan terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga,” tuturnya.

Andrijanto menjelaskan, hingga kuartal III 2022 jumlah agen BRILink telah mencapai 597.177 yang bekerja mendampingi nasabah dalam memenuhi kebutuhan layanan perbankan.

“Agen BRILink tersebut tersebar di 58.095 desa atau telah menjangkau lebih dari 75 persen desa di Indonesia,” tegas dia.

Andrijanto menambahkan, agen BRILink merupakan salah satu wujud konkret BRI hadir untuk melayani masyarakat hingga ke wilayah 3T, yaitu terdepan, terpencil, dan tertinggal.

“Kami ingin semakin memperluas akses perbankan dengan mengutamakan aspek proximity atau kedekatan. Kami berikan sentuhan digitalisasi lewat BRILink mobile sehingga pelayanan dapat lebih cepat,” tutupnya.