Wujudkan Target Centre of Excellence Industri LNG di Indonesia, PAG dan SENA Sepakati Kerja Sama
Foto: Dok. PAG

Bagikan:

JAKARTA - Member Sub Holding Gas Group, PT Perta Arun Gas (PAG) mencapai kesepakatan kerja sama dengan PT Solusi Energy Nusantara (SENA) terkait engineering, survei dan inspeksi. Kesepakatan itu tertuang dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) di Head Office PAG, Jakarta, Kamis 17 November.

Hal ini merupakan langkah awal penyelarasan strategi pengembangan usaha (business strategic alignment) di lingkungan Sub Holding Gas untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas engineering di bidang LNG.

President Director PAG, Bara Ilmarosa menyampaikan penandatanganan Nota Kesepahaman ini selaras dengan rencana jangka panjang PAG dan SENA yang sama-sama memiliki tujuan menjadi Centre of Excellence di industri LNG di Indonesia.

"Kerja sama ini diharapkan dapat berjalan secara efektif di tahun 2023," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat 18 November.

Senada Direktur Utama SENA, Fuad Hasyim mengatakan kesepakatan ini selaras dengan golden momentum transisi energi menuju net zero emission yang dicanangkan Pemerintah Republik Indonesia.

"Transisi energi menjadikan komoditi gas sebagai salah satu pilar inti, pengembangan teknologi, research & development serta inovasi yang tidak boleh dilewatkan. Kami berharap hal tersebut dapat direalisasikan berkat kerja sama antara PAG dan SENA," imbuhnya.

Dukungan yang sama disampaikan stakeholder terkait, seperti Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN Tbk, Achmad Muchtasyar dan Direktur Utama Pertamina Gas, Gamal Imam Santoso. Mereka menilai kerja sama ini menunjukkan keseriusan dalam implementasi sinergi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas masing-masing perusahaan serta memberikan profit impact Sub Holding Gas.

PAG dan SENA merupakan member dari Subholding Gas Group dimana, PAG bergerak di bidang Regasifikasi dan LNG Hub sedangkan SENA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Engineering, Survei, Inspeksi dan Konsultansi.

Selain dihadiri Bara Ilmarosa, Fuad Hasyim, Achmad Muchtasyar, dan Gamal Imam Santoso kegiatan ini juga dihadiri, Finance & General Support Director PT PAG, Wahid Achsanul Budaery, manajemen PAG dan SENA serta undangan terkait.