Cara Beli Reksa Dana dan Keuntungan yang Didapat Investor
Ilustrasi cara beli Reksa Dana (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Reksa Dana menjadi instrumen investasi yang dipilih atau digemari oleh banyak orang. Reksa Dana menawarkan investasi yang menguntungkan dan risiko yang rendah. Selain itu cara beli Reksa Dana juga sangat mudah karena sudah banyak platform investasi yang menyediakan layanan ini. 

Reksa Dana cocok bagi calon investor pemula atau para investor yang tidak punya banyak waktu untuk mengelolanya. Reksa Dana menawarkan model investasi dengan pengelolaan mudah karena dana investasi akan dikelola oleh manajer investasi. Manajer investasi adalah orang yang dipercaya untuk mengelola dana investasi dari pemodal atau investor.

Manajer investasi akan mengelola dana atau modal investasi anda, lalu menyalurkanya ke beberapa instrumen investasi seperti saham, pasar uang, dan obligasi. Anda dapat memilih dua jenis Reksa Dana, yaitu Reksa Dana Tertutup dan Reksa Dana Terbuka. 

Namun jenis Reksa Dana yang paling banyak berkembang di Indonesia adalah Reksa Dana Terbuka. Reksa Dana jenis ini dapat anda beli dan lepaskan atau jual sewaktu-waktu setiap hari bursa. Lantas bagaimana cara beli Reksa Dana dan apa saja keuntungannya?

Cara Beli Reksa Dana

Reksa Dana menjadi solusi investasi bagi masyarakat yang ingin berinvestasi namun tidak memiliki waktu dan pengetahuan untuk mengelolanya. Anda tinggal menyiapkan dana atau modal, lalu membeli Reksa Dana melalui agen investasi. 

Reksa Dana dapat dibeli secara online dan offfline atau langsung. Berikut langkah-langkah membeli Reksa Dana. 

Cara Beli Reksa Dana Offline

  • Mencari agen yang menjual produk Reksa Dana
  • Baca dan pahami informasi seputar investasi Reksa Dana yang ditawarkan: jenis Reksa Dana yang ditawarkan, manajer investasinya, cara pembelian dan penjualan kembali produknya, hingga bank kustodian. 
  • Pilihlah produk Reksa Dana yang sesuai dengan kebutuhan anda, baik dari segi keuntungan maupun risikonya. 
  • Isi formulir pembukaan rekening efek. Beberapa dokumen yang diperlukan: Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan materai.
  • Setelah mengisi formulir, calon investor akan mendapat satu nomor identitas. Nomor ini menjadi identitas nasabah setiap akan melakukan tranksaksi pembelian atau penjualan Reksa Dana. 

Cara Beli Reksa Dana Online

  • Mencari platform investasi yang menyediakan produk Reksa Dana, seperti Bibit, Ajaib, Bareksa, dan sebagainya. 
  • Baca dan pahami informasi seputar investasi Reksa Dana yang ditawarkan: jenis Reksa Dana, manajer investasi, cara pembelian dan penjualan, dan sebagainya. 
  • Pilih platform yang sesuai kebutuhan dan keinginan.
  • Buat akun di platform investasi yang dipilih. Isi data diri sebagai dokumen yang diunggah oleh calon investor. 
  • Investor akan mendapat nomor identitas untuk melakukan transaksi membeli dan menjual produk Reksa Dana. 
  • Akitvasi akun.
  • Memilih produk Reksa Dana yang ditawarkan oleh manajer investasi.
  • Melakukan pembayaran secara online lewat mobile banking atau dompet digital. 

Keuntungan Membeli Reksa Dana 

Investasi Reksa Dana menawarkan beberapa keuntungan atau kelebihan kepada investor. Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan. 

Risiko Lebih Kecil

Reksa Dana memiliki risiko yang lebih minim dibandingkan instrumen investasi lainnya seperti saham. Dana yang dibagi ke beberapa dividen membuat potensi keuntungan semakin besar dan risiko lebih kecil.

Dikelola oleh Ahli Investasi

Manajer investasi yang mengelola modal Reksa Dana adalah orang yang sudah berpengalaman di dunia pasar modal. Manajer investasi paham mengenai analisis atas keadaan ekonomi dan pasar. Mereka juga pandai menyusun strategi investasi agar lebih maksimal. 

Investasi Terjangkau

Reksa Dana adalah instrumen investasi yang terjangkau. Banyak anak-anak muda yang memilih Reksa Dana karena bisa dimulai dengan modal minim, yakni dari Rp100.000. 

Likuiditas Terjaga 

Reksa Dana memberikan likuiditas yang bersifat lebih terjaga. Investor dapat membeli dan menjual investasinya kapan saja di setiap hari bursa. Dengan demikian investor dapat mengatur investasi sesuai kebutuhan. 

Transparansi

Investasi Reksa Dana bersifat transparan. Investor dapat melihat dananya disalurkan ke instrument investasi apa saja. Selain itu, manajer investasi wajib menyampaikan risiko yang dihadapi dan biaya yang dikenakan kepada investor. 

Itulah penjelasan cara beli Reksa Dana dan beberapa keuntungan yang didapatkan oleh investor. Reksa Dana menjadi pilihan investasi banyak orang karena risikonya lebih kecil dan bisa dimulai dengan modal yang terjangkau. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.