Pertamina EP Temukan Cadangan Gas Baru di Jawa Timur
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) melalui Pertamina EP Regional 4 Zona 11 menemukan cadangan gas di Jawa Timur.

Penemuan cadangan gas tersebut setelah Pertamina EP melakukan pengembangan pengeboran sumur ekplorasi Kolibri (KOL)-001 di selatan wilayah kerja Onshore Cepu, Jawa Timur.

Pengeboran sumur eksplorasi ini memiliki objektif Utama di Batugamping Formasi Kujung.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Mohammad Kemal mengatakan saat ini SKK Migas dan Pertamina EP masih melakukan evaluasi dan tes untuk mengetahui nilai kandungan gas dari lokasi tersebut.

“Tim masih bekerja untuk memantau volume aliran gas dan pembersihan lokasi pemboran, temuan cadangan ini merupakan kolaborasi semua pihak untuk terus berkomitmen melakukan eksplorasi untuk meningkatkan produksi migas nasional, ” kata Kemal dalam keterangan resmi, Senin 24 Oktober.

Tajak Sumur Eksplorasi Kolibri (KOL)-001 dimulai sejak 3 Juli 2022 dan mencapai kedalaman 2.592 FTMD pada 2 Oktober 2022, hingga menemukan indikasi Hirokarbon Gas.

Sejak kemarin, Sabtu, 22 Oktober 2022 para pekerja divisi operasi Pertamina EP di bawah pengawasan SKK Migas masih memantau keseimbangan gas yang keluar dari sumur eksplorasi.

Sementara itu, hasil positif dari validasi sumber daya Minyak dan Gas juga terjadi di wilayah kerja PHE ONWJ yang merupakan Regional 2 Bekasi Jawa Barat.

Berdasarkan hasil validasi Sumur GQX-1 maka sumber daya secara kluster GQ-GQS-GQX mencapai 106.8 juta BOE.

Temuan antara 100–500 juta masuk dalam kategori penemuan very large atau big fish, setara dengan kurang lebih temuan Hidayah oleh Petronas yang sekarang sudah memasuki POD.

SKK Migas dan KKKS terus mengeksplorasi secara masif, agresif dan efisien untuk mengejar target 1 Juta barrel minyak dan 12 BSCFD Gas pada 2030.