Inilah 18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia Beserta Fokus Kegiatan Industrinya
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pembangunan 18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia merupakan salah satu upaya untuk melakukan pemerataan ekonomi. Ke-18 kawasan ini ditetapkan oleh Pemerintah pusat berdasarkan usulan dari Badan Usaha dan Pemerintah Daerah. Lantas, di mana saja Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia?   

18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia

Dikutip VOI dari kek.go.id, Rabu, 12 Oktober 2022,  KEK merupakan kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi dengan manfaat perekonomian tertentu.

Pembangunan KEK bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, dan peningkatan daya saing bangsa.

KEK dikembangkan di wilayah yang mempunyai keunggulan geoekonomi dan geostrategi dan dapat menampung kegiatan industri, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan daya saing internasional.

Kehadiran KEK diharapkan dapat meningkatkan daya saing ekonomi pada level nasional melalui industri- industri dan pariwisata bernilai tambah dan berantai nilai.

Hingga tahun 2022 terdapat 18 KEK di Indonesia dengan rincian sebagai berikut:

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei

KEK Sei Mangke terletak di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. KEK yang dibangun di atas tanah seluas 2.002 hektar ini telah beroperasi pada januari 2015 silam.

KEK Sei Mangke termasuk dalam KEK industri dan pariwisata. Kegiatan utamanya meliputi industri kelapa sawit, industri pengolahan karet, pariwisata, serta logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Arun Lhokseumawe

KEK ini dibangun di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. KEK Arun Lhokseumawe sudah beroperasi sejak 14 Desember 2018. Luas areanya mencapai 2.662 hektar.

KEK Arun difokuskan untuk kegiatan industri seperti industri energi; industri petrokimia dan kimia lainnya; industri pengolahan kelapa sawit; industri pengolahan kayu; serta logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Batam Aero Technic

KEK Aero Technic dibangun di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dan baru ditetapkan statusnya pada Juni 2021 lalu.

KEK yang luas areanya mencapai 30 hektar ini masuk dalam kategori industri dengan fokus utama industri maintenance, repair, overhaul (MRO) pesawat.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa

Sama dengan KEK Aero Tehchnic, KEK ini juga berlokasi di Kota Batam. Statusnya juga baru ditetapkan pada Juni 2021 lalu.

KEK Nongsa berdiri di atas area seluas 166 hektar dan termasuk dalam KEK industri pariwisata. Kegiatan utamanya yakni digital park dan pariwisata.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang

Terletak di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, KEK Galang Batang masuk dalam kategori KEK industri. KEK yang berdiri di area seluas 2.333 hektar ini disiapkan untuk industri pengolahan bauksit dan logistik.  

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang

KEK yang berada di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung ini sudah beroperasi sejak Maret 2019.

Berdiri di atas area seluas 324 hektar, KEK Tanjung Kelayang difokuskan untuk kegiatan eksplorasi spot wisata dan akomodasi penginapan.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Lido
Ilustrasi Proyek KEK Lido
Ilustrasi Proyek KEK Lido (Foto Dok. MNC Land)

KEK Lido berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Wilayah ini ditetapkan sebagai KEK pada 2021. Berdiri di area seluas 1.040 hektar, KEK Lido masuk dalam kategori KEK Pariwisata. Kegiatan utamanya yaitu pariwisata dan industri kreatif.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Kendal

Sesuai dengan namanya, KEK ini berada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. KEK Kendal sudah beroperasi sejak Mei 2021.

Luas area KEK Kendal mencapai 1.000 hektar. Kegiatan utamanya adalah industri tekstil dan busana, industri furnitur dan alat permainan, industri makanan dan minuman, industri otomotif, industri elektronik, serta logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Gresik

Wilayah ini ditetapkan sebagai KEK pada 2021. KEK Gresik dibangun di atas tanah seluas 2.167 hektar dan dirancang untuk industri. Kegiatan utama KEK Gresik adalah industri metal, industri elektronik, industri kimia, industri energi, serta logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari

Berada di Kabupaten Malang, Jawa Timur, KEK Singhasari difokuskan untuk industri pariwisata dan pengembangan teknologi. Luas area KEK Singhasari mencapai 120 hektar.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika

KEK ini dibangun di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Beroperasi sejak Oktober 2017, KEK Mandalika dirancang untuk kegiatan pariwisata.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Maloy Batuta Trans Kalimantan

KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) dibangun di area seluas 557 hektar. Kawasan ini terletak di Kutai Timur, Kalimantan Timur.

KEK MBTK dirancang untuk kegiatan industri dan sudah beroperasi sejak April 2019. Kegiatan utamanya yakni industri pengolahan kelapa sawit, industri energi, dan logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Palu

KEK Palu telah beroperasi sejak September 2017. Dibangun di area seluas 1.500 hektar, KEK ini difokuskan untuk industri. Fokus utamanya adalah industri logam dasar dan logistik.

  1. Kawasan Eknomi Khusus Tanjung Lesung

Terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, KEK Tanjung Lesung dikembangkan untuk industri pariwisata.

Luas area KEK Tanjung Lesung mencapai 1.500 hektar dan sudah beroperasi sejak Februari 2015 silam.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Likupang

KEK ini kembangkan untuk industri pariwisata. KEK Likupang terletak di Kabupaten Miinahasa Utara, Sulawesi Utara.

Kawasan ini ditetapkan sebagai KEK pada Desember 2019 dan dibangun di atas area seluas 197 hektar.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Bitung

Dibangun di Kota Bitung, Sulawesi Utara, KEK ini difokuskan untuk kegiatan industri dan sudah beroperasi sejak April 2019.

Kegiatan utamanya yakni pengolahan kelapa, industri pengolahan perikanan, serta logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Morotai

Terletak di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, KEK Morotai berdiri di area seluas 1.110 hektar.

KEK ini sudah beroperasi sejak April 2019 dan kegiatannya difokuskan untuk industri pariwisata, industri pengolahan perikanan, serta logistik.

  1. Kawasan Ekonomi Khusus Sorong

KEK yang dibangun di Kabupaten Sorong, Papua Barat ini sudah beroperasi sejak Oktober 2019. Luas arenya mencapai 523 hektar.

Kegiatan utama KEK Sorong meliputi industri pengolahan nikel, industri pengolahan kelapa sawit, industri hasil hutan dan perkebunan sagu, dan industri logistik.

Demikian informasi seputar 18 kawasan ekonomi khusus di Indonesia. Semoga bermanfaat!