Alasan Mengapa BBM di Malaysia Lebih Murah Sebelum Jadi Bola Liar
Alasan Mengapa BBM di Malaysia Lebih Murah (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Muncul pemberitaan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Malaysia jauh lebih bagus kualitas dan harganya jauh lebih murah. Mengapa BBM di Malaysia lebih murah?

Sebenarnya, harga BBM yang sudah diatur pemerintah Malaysia tak bisa begitu saja dibanding-bandingkan dengan harga BBM di Indonesia, kenapa? Kemudian ada perbedaan bagian pembentuk harga di kedua negara, harga BBM di Malaysia dapat terus dibendung meski ada peningkatan harga minyak. 

Alasan Mengapa BBM di Malaysia Lebih Murah

Malaysia Menerapkan Subsidi Besar - Besaran

Ini adalah hasil dari penggunaan subsidi besar-besaran yang digunakan Pemerintah Malaysia. Komaidi Notonegoro, Direktur Eksekutif Reforminer Institute, menyuarakan pada dasarnya Pemerintah Malaysia juga memberikan subsidi bahan bakar sehingga harga bahan bakarnya juga tak mencontoh skema pasar. 

Cuma saja tujuan pemberian subsidinya berbeda dengan skema pemberian subsidi yang ada di Indonesia. "Konsentrasi Malaysia dengan kita (Indonesia) berbeda. Mereka berkonsentrasi pertumbuhan sehingga memberikan subsidi yang besar," ungkap Komaidi dalam keterangan pers tertulis di Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Menurutnya, info yang beredar di masyarakat berhubungan harga BBM di Malaysia yang lebih murah diperbandingkan di tanah air seharusnya dapat ditunjukkan secara gamblang juga oleh pemerintah atau pun Pertamina. Dengan seperti itu, info yang berkembang di masyarakat tak menjadi bola liar dan memperpanas suasana.

"Kalau ada yang menyampaikan bahwa Malaysia tidak ada subsidi mungkin belum mendapat info lengkap. Semestinya hal-hal semacam ini dengan sederhana dijelaskan oleh pemerintah atau Pertamina," kata Komaidi.

Irto P Ginting, Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga (PPN), Subholding Commercial and Trading Pertamina,  mengatakan sekiranya diperbandingkan secara keseluruhan besarnya subsidi yang digelontorkan Malaysia sebetulnya tak dapat menyamai subsidi yang telah diberi Pemerintah Indonesia.

"Subsidi mereka (Malaysia) sebenarnya besar, tapi kalau dibandingkan seluruh subsidi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia, itu jauh lebih besar," ungkap Irto.

Faktanya memang Harga Jual Eceran (HJE) BBM di Malaysia lebih murah. Kemudian, produk yang dipasarkan juga merupakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

Penetapan harga eceran produk minyak bumi, mau bensin ataupun solar di Malaysia yang sudah berlaku semenjak 1983 diatur menurut tarif operasional, margin untuk distributor produk minyak bumi, komisi untuk pemilik SPBU, pajak penjualan dan subsidi. 

Dengan bagian pemberian subsidi dan pengecualian pajak penjualan membikin harga BBM di Malaysia menjadi yang termurah dibanding negara-negara tetangga di wilayah Asia Tenggara. Kemudian, ada fakta lain yang membikin tak dapat membandingi harga BBM di Malaysia dengan di Indonesia secara apple to apple. 

Jumlah Penduduk Malaysia Jauh Lebih Sedikit

Pertama, Malaysia merupakan negara pengekspor (Net Eksportir) minyak sementara Indonesia pengimpor (Net Importir). Kedua, jumlah penduduk Malaysia 32 juta jiwa. Ini jauh lebih sedikit ketimbang dengan jumlah penduduk Indonesia yang menempuh 260 juta jiwa.

Dari sisi populasi kendaraan, di Malaysia ada 33 juta kendaraan, meskipun di Indonesia jumlah kendaraannya  lebih dari empat kalilipatnya, yakni sebanyak 145 juta kendaraan. Terakhir yakni berkaitan luas dan kompleksitas pendistribusian di Malaysia yang jauh lebih simpel dibanding Indonesia. Seperti yang diketahui Malaysia cuma daratan sementara Indonesia negara kepulauan sehingga variasi moda transportasi yang diaplikasikan untuk distribusi otomatis menambah bagian tarif.

Setelah tahu alasannya mengapa bbm di malaysia lebih murah, simak berita menarik lainnya hanya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!