Armada Transportasi Ramah Lingkungan E-Taxi Blue Bird Milik Konglomerat Purnomo Prawiro Hadir di Bandara Ngurah Rai Bali
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali secara resmi memperkenalkan gerakan #BaliCleanEnergy. Dalam gerakan ini Angkasa Pura I memperkenalkan beberapa inisiatif yang akan diimplementasikan untuk mendukung energi ramah lingkungan, salah satunya adalah mendekatkan pengalaman mobilitas nol emisi melalui armada E-Taxi Bluebird.

Transisi energi berkelanjutan akan menjadi salah satu topik utama yang akan dibahas dalam KTT G20 untuk mengatasi perubahan iklim yang telah memberikan dampak terhadap kondisi lingkungan global. Gerakan #BaliCleanEnergy diharapkan dapat memacu kesiapan Bali sebagai tuan rumah presidensi Indonesia di KTT G20.

Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk (BIRD), Adrianto 'Andre' Djokosoetono, mengapresiasi Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang telah mengundang Bluebird sebagai salah satu mitra resmi bandara untuk ikut serta dalam mendekatkan pengalaman mobilitas nol emisi kepada wisatawan serta masyarakat yang berkunjung ke Bali. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan taksi milik konglomerat Purnomo Prawiro ini untuk mengurangi emisi karbon sebesar 50 persen pada tahun 2030.

"Bandara merupakan salah satu pintu masuk pengunjung dan merupakan first mile untuk memasuki wilayah Bali. Sehingga kolaborasi ini merupakan langkah strategis antara Bluebird dan Angkasa Pura I untuk memberikan pengalaman mobilitas nol emisi kepada pengunjung sejak mereka pertama kali sampai di Bali," ujar Andre dalam keterangan tertulisnya, dikutip Jumat 22 Juli.

Hal ini juga sejalan dengan telah dibukanya penerbangan internasional ke wilayah Bali. Ini artinya, peluncuran taksi bertenaga listrik di Bandara Ngurah Rai Bali menjadi momentum yang tepat untuk menunjukan kesiapan Indonesia untuk mulai menggunakan energi ramah lingkungan dalam bepergian.

GM Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan berterima kasih kepada Bluebird yang turut berpartisipasi dalam gerakan Bali Clean Energy dengan menghadirkan armada listrik sehingga dapat memberikan pengalaman baru bagi penumpang.

"Bluebird merupakan perusahaan yang berpengalaman dalam memberikan layanan mobilitas terpercaya dan telah mengoperasikan kendaraan listrik sejak tahun 2019. Mereka juga mempunyai kesamaan visi dengan kami untuk menekan emisi karbon yang digerakkan melalui kampanye #BaliCleanEnergy," ungkap Handy.

"Selanjutnya, kerja sama yang terjalin antara Bluebird dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan menghadirkan fasilitas ramah lingkungan ini dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan wilayah Bali dalam pengembangan energi bersih guna mendukung presidensi G20 di Indonesia," imbuhnya.