11 Daerah yang Lakukan Uji Coba Pembelian Pertalite via MyPertamina Hari Ini
Ilustrasi (Foto: Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) resmi melakukan uji coba lewat website MyPertamina dalam menyalurkan Bahan bakar Minyak (BBM) Pertalite dan Solar subbsidi kepada masyarakat pada hari ini Jumat, 1 Juli 2022.

Pada tahap awal, Pertamina akan melakukan uji coba pada 11 kota/kabupaten di Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.

Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Irto Ginting mengatakan, sebanyak 11 daerah itu dipilih oleh Pertamina dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

"Sejumlah aspek yang dipertimbangkan oleh Pertamina ialah karakteristik lokasi yang dekat dengan daerah tambang atau industri dan kesiapan infrastruktur. Selain itu mempertimbangkan angkutan atau transportasi umum dan juga kesiapan daerahnya," kata Irto kepada wartawan, Rabu, 29 Juni 2022.

Irto menambahkan, uji coba pembelian BBM subsidi melalui laman MyPertamina hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih.

“Tujuan pendataan ini tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat rentan, memastikan subsidi energi yang tepat sasaran sehingga anggaran yang sudah dialokasikan Pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak. Ke depan kami harap, data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan energi bersama pemerintah serta dapat mencegah potensi terjadinya potensi penyalahgunaan atau kasus penyelewengan BBM subsidi di lapangan,” ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.

Berikut daerah yang menerapkan uji coba pembelian Pertalite melalui MyPertamina:

1. Sumatera Barat

- Kota Bukit Tinggi

- Kabupaten Agam

- Kabupaten Padang Panjang

- Kabupaten Tanah Datar

2. Kalimantan Selatan

- Kota Banjarmasin

3. Sulawesi Utara

- Kota Manado

4. Jawa Barat

- Kota Bandung

- Kota Tasikmalaya

- Kabupaten Ciamis

- Kota Sukabumi

5. DI Yogyakarta

- Kota Yogyakarta

Sekadar informasi, pada tahap awal, pendaftaran fokus untuk mencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.

Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code Unik yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id.

Untuk kemudahan masyarakat, QR Code bisa dicetak dan dibawa ke SPBU.

Pengguna tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa smartphone ke SPBU.

Sesuai Peraturan BPH Migas No. 06/2013, penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM dapat dilakukan. Mulai 1 Juli, direncanakan dilakukan uji coba pendaftaran melalui website MyPertamina yakni subsiditepat.mypertamina.id.